Desa Bandar OKU kembangkan budidaya ikan lele

id ikan lele,budidaya lele,keramba,tambak,pengembangan ikan lele,desa bandar,pasokan ikan lele

Desa Bandar OKU kembangkan budidaya ikan lele

Arsip - Petambak menunjukkan salah satu hasil panen lele berukuran sedang di kawasan komplek Angkatan Udara Palembang, Minggu (10/5). (ANTARA News Sumsel/ Feny Selly/15)

Baturaja (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah Desa Bandar Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan akan mengembangkan  budi daya ikan lele yang dikelola bersama warga setempat sebagai upaya meningkatkan perekonomian masyarakat di desa itu.

"Budi daya ikan lele salah satu rencana program kerja kami untuk dikembangkan dan dikelola bersama masyarakat pada tahun ini," kata Kepala Desa Bandar Kecamatan Sosoh Buay Rayap, Ogan Komering Ulu (OKU), Nazir di Baturaja, Kamis.

Dia mengatakan, budidaya ikan lele dinilai sangat menguntungkan mengingat permintaan untuk memenuhi kebutuhan sejumlah rumah makan di wilayah itu cukup tinggi.

"Sejauh ini untuk memenuhi permintaan sejumlah warung makan lesehan, ikan lele dipasok distributor dari daerah Lampung," katanya.

Sebagian besar warga di Desa Bandar mengusulkan agar budidaya  ikan lele dijadikan BUMDes desa setempat mengingat hasil yang diperoleh cukup menjanjikan.

"Rencana ini masih kami bahas bersama masyarakat termasuk menentukan lokasi lahan yang akan dijadikan tambak lele tersebut," ungkapnya.

Selain itu kata dia, pada tahun pihaknya juga berencana membangun gedung BUMDes menggunakan dana desa di Dusun II desa setempat dan pembangunan pos pemakaman.