Umat Budha tolak kampanye politik di vihara bodhijaya

id vihara,rumah ibadah,kampanye pilkada,umat hindu tolak kampenye,polres baturaja,vihara bodhijaya,tolak kampanye

Arsip - Salah satu Vihara di Kota Palembang (ANTARA News Sumsel/13/Feny Selly/I016)

Baturaja  (ANTARA News Sumsel) - Sejumlah umat budha di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan menolak kampanye politik dalam bentuk kegiatan apapun di tempat ibadah Vihara Bodhijaya Baturaja.

"Pernyataan itu disampaikan sejumlah umat budha di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) melalui instagram Humas Polres OKU," kata Kapolres OKU AKBP NK Widayana Sulandari melalui Paur Humas IPDA Yulia Fitri di Baturaja, Kamis.

Menurut dia, sejumlah tempat ibadah di wilayah itu seperti Vihara Bodhijaya Baturaja yang menyatakan sikap menolak dijadikan lokasi kampanye politik oleh pasangan calon kepala daerah manapun.

Dia mengemukakan, pernyataan sikap oleh umat Agama Hindu itu menyusul maraknya kampanye di sejumlah tempat ibadah yang dilakukan oleh pasangan calon kepala daerah.

Dia menilai, hal tersebut sesuai dengan aturan yang berlaku agar tidak menimbulkan gesekan antara masyarakat pendukung hingga merusak kerukunan umat beragama.

"Memang sudah ada beberapa tempat ibadah yang menyatakan sikap penolakan untuk dijadikan lokasi kampanye dan penolakan tersebut tidak menyalahi aturan," kata dia.

Untuk itu kata dia, pihaknya berharap dalam pelaksaan pemilihan kepala daerah nanti masyarakat tidak terprovokasi dengan hasutan atau ujaran kebencian oleh oknum yang dapat memecah belah kerukunan umat beragama di wilayah itu.

Masyarakat juga diimbau agar jangan terpancing dengan berita yang tidak jelas sumbernya hingga menyebabkan kerusuhan anatara umat beragama.

"Kami harapkan masyarakat tidak terprovokasi dengan berita hoax ditahun pemilihan kepala daerah 2018 ini," tegasnya.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar