Jelang Asian Games, PKL 16 Ilir ditertibkan

id pasar 16 ilir,pkl,pedagang kaki lima,penertibkan pkl,pasar,asian games,pjs walikota palembang

Arsip - Sejumlah Anggota Satpol PP Kota Palembang menertibkan Pedagang Kaki Lima (PKL) (ANTARA News Sumsel/Nova Wahyudi/16)

Palembang  (ANTARA News Sumsel) - Pedagang kaki lima di kawasan Pasar 16 Ilir Palembang akan ditertibkan untuk mempercantik kota menjelang perhelatan akbar Asian Games XVIII tahun 2018 pada Agustus mendatang.

Pejabat Sementara (Pjs) Wali Kota Palembang Akhmad Najib di Palembang, Rabu, mengatakan, penertiban ini terkait perwajahan kota mengingat Pasar 16 Ilir berada di pusat kota atau di kawasan Jembatan Ampera.

"Nanti jika ada wisatawan dari luar negeri datang dan melihat kawasan Ampera semraut karena banyak PKL tentunya ini tidak baik. Akan merugikan citra Kota Palembang," kata dia.

Untuk itu, beberapa titik akan diperhatikan terkait penertiban ini seperti menumpuknya pedagang kaki lima di arah pintu masuk Gedung Pasar 16 Ilir.

Para pedagang diminta membuka lapak di tempat yang sudah ditentukan pengelola pasar.

"Pasar menjadi salah satu lokasi yang menjadi perhatian karena tentunya para tamu negara bukan hanya ingin menonton pertandingan tapi juga ingin berwisata belanja. Jadi dalam masa lima bulan ke depan harus ada progres perbaikan," kata dia.

Perhelatan Asian Games tak berapa lama lagi akan digelar. Pemkot Palembang terus berbenah mempercantik ibu kota Provinsi Sumatera Selatan ini.

Beberapa destinasi wisata baru dimunculkan untuk mengaet kunjungan wisatawan mengingat diperkirakan akan datang 15.000 orang atlet dan ofisial.

Khusus di kawasan Pasar 16 Ilir sudah dimunculkan destinasi wisata baru yakni "Lorong Basah Night Culinery" untuk memanjakan para pencinta durian.

"Apalagi ini sudah menjadi tempat kuliner juga, artinya kawasan Pasar 16 Ilir ini bukan hanya harus tertata tapi juga bersih," kata dia.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar