Palembang tingkatkan pelayanan kesehatan dukung Asian Games

id pelayanan kesehatan,fasilitas kesehatan,puskesmas,rumah sakit,pjs walikota palembang,asian games,rsud bari

Palembang tingkatkan pelayanan kesehatan dukung Asian Games

Pjs Wali Kota Palembang Akhmad Najib (ANTARA News Sumsel/Feny Selly)

Palembang  (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan sejak tiga tahun terakhir secara bertahap meningkatkan fasilitas pelayanan kesehatan untuk mendukung pelaksanaan Asian Games di kota setempat pada Agustus 2018.

"Fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama atau puskesmas dan Rumah Sakit Umum Daerah Bari dipersiapkan dengan standar internasional untuk memberikan pelayanan kepada peserta dan tamu Asian Games," kata Pejabat Sementara Wali Kota Palembang Akhmad Najib di Palembang, Rabu.

Dia menjelaskaskan RSUD Palembang Bari saat ini telah memilik gedung instalasi bedah sentral, ruangan rawat inap kelas VVIP, dan beberapa ambulans berstandar internasional.

Fasilitas pelayanan dan sumber daya manusia di bidang kesehatan akan terus dibenahi dan ditingkatkan kualitasnya sehingga bisa memberikan pelayanan kesehatan secara optimal jika ada atlet, ofisial, dan tamu undangan yang sakit selama berlangsungnya pesta olahraga negara-negara kawasan Asia itu.

Pihaknya juga berupaya meningkatkan jam operasional puskesmas untuk memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat dan peserta/tamu Asian Games.

"Jam operasional beberapa puskesmas dimaksimalkan, dari biasanya hanya buka pada jam kerja normal menjadi 24 jam," ujarnya.

Dengan kualitas yang baik dan memenuhi standar internasional, dia mengharapkan jika ada masalah gangguan kesehatan ringan menimpa atlet, para pendamping, dan tamu undangan dari berbagai negara di kawasan Asia itu, dapat ditangani oleh tim medis puskesmas.

"Dengan pelayanan maksimal diharapkan masyarakat dan tamu Asian Games yang membutuhkan penanganan medis tingkat pertama cukup di puskesmas saja," kata Najib.