Lokalitas jadi nilai jual wisata Bengkulu

id Nopian Andusti,bengkulu,pantai bengkulu,pariwisata Bengkulu,industri pariwisata,berita sumsel,berita palembang,Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu,kunj

Lokalitas jadi nilai jual wisata Bengkulu

Dokumentasi- Pantai Tapak Paderi Bengkulu. (ANTARA)

Bengkulu (ANTARA News Sumsel) - Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu Nopian Andusti mengatakan, dalam rangka menjadikan Provinsi Bengkulu sebagai salah satu destinasi unggulan di Indonesia, maka perlu adanya produk pariwisata bersifat lokal yang memilki nilai jual tinggi.

"Keunikan dan lokalitas dari produk wisata akan menjadi kunci utama dalam menciptakan `image' dan nilai jual pariwisata Bengkulu, pada tingkat regional, nasional dan internasional," kata Nopian Andusti di Bengkulu, belum lama ini.

Untuk itulah, lanjutnya, peningkatan koordinasi dan sinergi antar pemerintah provinsi, kabupaten/kota bersama seluruh pemangku kepentingan dan kemitraan dengan para pengusaha maupun dengan industri pariwisata harus terus ditingkatkan.

Dalam upaya percepatan pembangunan kepariwisataan Provinsi Bengkulu, telah ada serangkain iven yang akan digelar dalam menunjang "Visit Wonderful Bengkulu 2020".

Serangkaian kegiatan itu dibagi dalam lima kelompok yaitu, Maritim Festival, Mountain-Valley, River-Lake, Garden Flower serta Bencoolen Festival. Kelompok itu disesuaikan dengan kondisi Bengkulu yang memiliki beberapa keunikan.

"Maka diperlukan kesiapan seluruh pemangku kepentingan baik pemerintah, industri pariwisata maupun masyarakat sebagai tuan rumah, untuk dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada para wisatawan, sehingga mampu meninggalkan kesan yang tak terlupakan," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu Yudi Satria meminta setiap daerah memiliki kalender kegiatan yang dilaksanakan setiap bulannya, serta dapat meningkatkan pembangunan destinasi unggulan.

"Jangan lupa penataan kawasan wisata, adminstrasi serta fasilitas pendukungnya," katanya.