Zarco rebut posisi start terdepan untuk GP Qatar

id Johann Zarco,balap motor,berita sumsel,berita palembang

Zarco rebut posisi start terdepan untuk GP Qatar

Johann Zarco (motogp.com)

Doha (Antara/Reuters) - Pebalap Prancis Johann Zarco merebut posisi start terdepan (pole position) pertama di MotoGP musim ini untuk tim non-pabrikan Tech3 Yamaha pada Sabtu, dengan catatan waktu yang merupakan rekor di Sirkuit Losail yang bermandikan cahaya lampu.

Catatan waktu dua kali juara Moto2 itu yakni satu menit 53,680 detik lebih cepat 0,247 detik dari rekor di lap ini sebelumnya yang diukir pebalap Spanyol Jorge Lorenzo pada 2008 di trek padang pasir di luar Doha.

Juara dunia bertahan yang membela Honda Marc Marquez lebih lambat 0,202 detik dibanding Zarco, dan akan memulai balapan malam pada Minggu di tengah baris terdepan.

Pebalap Italia Danilo Petrucci berada di urutan ketiga di grid, lebih lambat 0,005 detik dibanding Marquez, sebagai pebalap terbaik Ducati untuk tim non pabrikan Pramac.

"Pole position" ini merupakan yang ketiga kalinya bagi Zarco di kategori teratas balap sepeda motor yang ia masuki tahun lalu.

Pebalap Britania Cal Crutchlow akan menduduki posisi start keempat untuk tim LCR Honda, sedangkan pebalap pabrikan Ducati Andrea Dovizioso, rival utama Marquez tahun lalu, menduduki urutan kelima.

Pebalap legendaris Italia Valentino Rossi akan memulai musim ke-23nya di balapan Grand Prix, pada usia 39 tahun, dari posisi kedelapan untuk Yamaha.

"Terasa menyenangkan... cara yang bagus juga untuk memulai musim ini," kata Zarco, yang terjatuh pada latihan bebas terakhir namun disebut-sebut sebagai calon pemenang dan kandidat penantang serius untuk kejuaraan musim ini.

"Kami perlu untuk melangkah untuk dapat menang besok. Namun setidaknya ketika saya memiliki sepeda motor yang ringan dengan ban baru, saya merasa begitu nyaman."

Marquez, yang memenangi empat dari lima gelar terakhir di MotoGP, senang dengan penampilannya.

"Hari ini Johann begitu mengagumkan, saya mengikuti dia dan ia sangat cepat. Kita lihat saja kecepatan balapan pada esok hari," tuturnya.
Penerjemah: A.R.A Adipati/I. Suhirwandi