KONI tuntaskan verifikasi calon tuan rumah PON 2024

id koni,pon,tuan rumah pon,berita sumsel,berita pale,berita palembang,Komite Olahraga Nasional Indonesia,Pekan Olahraga Nasional,tuan rumah pon 2024,kali

KONI tuntaskan verifikasi calon tuan rumah PON 2024

KONI. (ANTARA)

Jakarta (ANTARA News Sumsel) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat menuntaskan proses verifikasi calon tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 dan provinsi terakhir yang diverifikasi oleh tim adalah Kalimantan Selatan.

Wakil I Ketua Umum KONI Pusat Suwarno dalam keterangan yang diterima media di Jakarta, Jumat, mengatakan, Kalimantan Selatan telah memenuhi 30 persen persyaratan minimal dalam pencalonan tuan rumah kejuaraan olahraga terbesar di Tanah Air itu.

"Kami mengunjungi 14 venue olahraga di Kota Banjarbaru yang diproyeksikan sebagai lokasi pertandingan PON, di antaranya sepak takraw, tenis lapangan, akuatik, bulu tangkis, dan menembak. Dengan waktu yang masih tersisa, kami percaya Kalimantan Selatan bisa menyempurnakan," katanya.

Menurut dia dengan menyelesaikan verifikasi di Kalimantan Selatan, tugas dari KONI untuk sementara selesai karena sebelumnya telah melakukan verifikasi ke provinsi lain yaitu Bali dan NTB serta Aceh dan Sumatera Utara.

"Setelah ini tim verifikasi akan membahas secara internal untuk memutuskan lolos tidaknya Kalimantan Selatan, Bali-NTB dan Aceh-Sumatera Utara," kata Suwarno menambahkan.

Sementara itu pelaksana harian (Plh) Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Siswansyah menegaskan kesiapan daerahnya untuk menyelenggarakan PON 2024. Kalimantan Selatan juga siap bersaing dengan calon lainnya, Bali-NTB serta Aceh - Sumatera Utara.

"Secara umum, kami memiliki 1.474 Sumber Daya Manusia di bidang tenaga keolahragaan, di mana 872 di antaranya wasit dan 541 pelatih. Selain itu, Kalimantan Selatan provinsi yang sangat strategis sebab berada di posisi sentral dengan aksebilitas tinggi," katanya.

Kalimantan Selatan menjadi satu-satunya calon tuan rumah PON 2024 yang tidak menggandeng provinsi lain. "Bandara Syamsudin Noor juga akan terus dilakukan peningkatan termasuk sarana dan prasarananya hingga lebih memudahkan transportasi udara," Siswansyah menambahkan.

Setelah ini, calon tuan rumah yang dinyatakan lolos oleh tim verifikasi akan bersaing demi mendapat dukungan 34 provinsi selaku pemilik suara dalam Musyawarah Olahraga Nasional (Musornas) KONI Pusat, April nanti. Fase ini akan menentukan urutan calon tuan rumah untuk dibawa ke Pemerintah.
(T.B016/N. Yuliastuti)