Keinginan masyarakat Koba dirikan koperasi tinggi

id koperasi,mendirikan koperasi,UMKM Kabupaten Bangka Tengah,peminjaman uang,berita sumsel,berita palembang,ekonomi kerakyatan

Keinginan masyarakat Koba dirikan koperasi tinggi

Koperasi Indonesia (ANTARA News Sumsel/Grafis/Aw)

Koba (ANTARA News Sumsel) - Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Kaharudi mengatakan keinginan masyarakat mendirikan koperasi di daerah itu cukup tinggi.

"Sekarang ini keinginan masyarakat mendirikan koperasi cukup tinggi, tentu ini bagus karena dengan berkoperasi ekonomi menjadi kuat," katanya, di Koba, Jumat.

Ia menjelaskan, saat ini tercatat sebanyak 135 koperasi yang terdaftar baik koperasi simpan pinjam maupun koperasi serba usaha dan menjalankan kegiatan di bawah binaan pemerintah daerah.

"Jumlah koperasi terus tumbuh, sudah banyak yang mengusulkan pendirian koperasi termasuk Koperasi Berkah Media yang didirikan kawan-kawan wartawan di daerah ini," katanya lagi.

Pihaknya tentu menyambut baik jika ada komponen masyarakat mendirikan koperasi karena semakin banyak koperasi akan membantu menggerakkan perekonomian daerah.

"Koperasi ini kalau dikelola dengan benar tentu menjadi fondasi ekonomi kerakyatan yang cukup kuat, asalkan dijalankan dan diurus dengan benar," katanya lagi.

Pihaknya siap membantu melalui tenaga penyuluh koperasi baik pembinaan maupun membantu mengurus beberapa persyaratan yang harus dipenuhi.

"Syarat pokok mendirikan koperasi itu jelas harus berbadan hukum, ada simpanan pokok, jumlah anggota minimal 20 orang, alamat kantornya jelas dan melampirkan susunan kepengurusan," katanya.

Ia mengatakan, kalau koperasi itu anggotanya berasal dari berbagai daerah atau bukan dari Bangka Tengah saja, maka pembinaan terhadap koperasi demikian menjadi kewenangan Pemprov Babel.

"Koperasi dibawah binaan Pemkab Bangka Tengah jika semua anggotanya berasal dari Bangka Tengah, dan itu ditunjukkan dengan melampirkan foto kopi KTP," katanya lagi.
(T.KR-AMD/B. Budiman)