Pegadaian targetkan layani 11,5 juta nasabah

id pegadaian,target nasaba pergadaian,berita sumsel,berita palembang,pt pegadaian,tempat gadai barang,gadai emas

Pegadaian targetkan layani 11,5 juta nasabah

Petugas Pegadaian melayani warga yang menggadaikan barangnya di Kantor Pegadaian Merdeka Palembang, .(ANTARA News Sumsel/Feny Selly/Ag/17)

Jakarta (ANTARA News Sumsel) - PT Pegadaian (Persero) pada tahun ini menargetkan penambahan nasabah hingga 11,5 juta yang terlayani dari saat ini sebanyak 9,2 juta nasabah yang dicapai melalui peningkatan kualitas layanan secara digital.

Direktur Utama PT Pegadaian (Persero) Sunarso dalam konferensi pers paparan kinerja Pegadaian di Jakarta, Kamis mengatakan selain meningkatkan kualitas layanan digital, perseroan juga memperluas jaringan keagenan untuk mendekatkan masyarakat.

"Target peningkatan jumlah nasabah tersebut optimistis dapat kami capai seiring dengan peningkatan kualitas layanan digital dan makin banyaknya jaringan agen," kata Sunarso.

Ia memaparkan strategi untuk menjaring nasabah baru sebanyak 2 juta orang tahun ini yaitu dengan meningkatkan kualitas layanan, seperti digitalisasi proses bisnis, kenyamanan layanan di outlet, revitalisasi gudang dan logistik, serta pelayanan prima kepada nasabah.

Perseroan juga akan memperluas jangkauan dan jenis layanan meliputi peningkatan jumlah agen, memberikan layanan online melalui aplikasi mobile, menambah produk baru, seperti gadai tanpa bunga, gadai tanah syariah, dan layanan berbasis fintech.

Ada pun jumlah nasabah yang saat ini dilayani Pegadaian didominasi oleh nasabah yang berusia produktif atau sekitar 68 persen di bawah 45 tahun.

Direktur Produk Pegadaian Harianto Widodo mengatakan perseroan tengah menyiapkan produk Gadai Prima, yakni gadai bebas bunga hingga Rp500 ribu untuk menjangkau generasi milenial.

"Gadai tanpa bunga kami pertimbangkan supaya ada 'experience' bagi milenial mengakses produk pegadaian melalui layanan digital," kata dia.

Harianto menambahkan Pegadaian memperluas jangkauan untuk nasabah dengan menambah hingga 6.000 agen dan outlet-outlet di pelosok Tanah Air.

Berdasarkan data profil, nasabah Pegadaian setiap tahun mengalami peningkatan dari 8,9 juta orang pada 2016 menjadi 9,2 juta pada 2017.

Nasabah perempuan tercatat mendominasi sebanyak 72 persen, sedangkan laki-laki sekitar 28 persen, dengan persentase 33 persen nasabah berusia 35-44 tahun, 29 persen usia 25-34 tahun dan 21 persen usia 45-44 tahun.
(T.M053/M.M. Astro)