Rutan Baturaja perketat peredaran narkoba

id lapas, rutan,lembaga pemasyarakatan,rumah tahanan,tahanan,narapina,narkoba,narkotika,tes urine,penjara

Rutan Baturaja perketat peredaran narkoba

Arsip - Petugas melakukan razia di Rutan Baturaja (ANTARA News Sumsel/Edo Purmana/17)

Baturaja  (ANTARA News Sumsel) - Rumah Tahanan Kelas II Baturaja, Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan memperketat penjagaan guna mengantisipasi masuknya peredaran narkoba di lembaga pemasyarakatan setempat.

"Hal ini sebagai bentuk dukungan kami terhadap program pemerintah dalam memberantas peredaran narkoba khusunya di lingkungan Rumah Tahanan (Rutan) Baturaja ini," kata Kepala Rutan Baturaja Herdianto di Baturaja, Rabu.

Bahkan kata dia, jauh sebelum diterapkan kebijakan ini pihaknya telah mengantisipasi masuknya peredaran narkoba di Rutan Baturaja dengan memperketat penjagaan.

Seperti memeriksa secara ketat barang bawaan setiap pengunjung yang ingin membesuk tahanan di lembaga pemasyarakatan tersebut.

"Termasuk bungkusan nasi pembesuk tahanan juga kami periksa. Untuk pengunjung wanita juga diperiksa oleh putugas wanita secara profesional," kata dia.

Selain itu kata dia, pihaknya juga secara rutin melakukan tes urine bagi seluruh tahanan tidak terkecuali petugas di lembaga pemasyarakatan tersebut juga dilakukan uji

sampel air seni untuk memastikan terbebas dari peredaran ataupun penggunaan narkoba.

"Pemeriksaan rutin ini dilakukan karena kami mengedepankan Standard Operating Procedure (SOP)," katanya.

Selain itu juga, kata dia, setiap petugas rutan ditekankan untuk tidak melakukan pungutan liar (pungli) apapun bentuknya di lingkungan lapas.

"Bagi yang melanggar akan kami berikan sanksi tegas," katanya.