BPBD Sumsel ingatkan masyarakat waspadai musim hujan

id BPBD Sumsel,Badan Penanggulangan Bencana Daerah,waspada bencana,bencana alam,banjir,tanah longsor sumsel,Iriansyah

BPBD Sumsel ingatkan masyarakat waspadai musim hujan

Dokumentasi- Sejumlah warga berada di sekitar rumah yang rusak akibat longsor. (ANTARA/Prasetia Fauzani)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sumsel mengingatkan pada seluruh masyarakat untuk selalu berhati - hati akan bencana saat musim hujan sekarang ini terutama banjir dan longsor.

Musim penghujan biasanya beberapa daerah rawan akan banjir dan longsor sehingga harus selalu berhati - hati, kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sumsel Iriansyah di Palembang, Rabu.

Dia mengatakan, beberapa waktu lalu di desa Kecamatan Rawas Ilir, Musirawas Utara terjadi banjir walaupun tidak ada korban jiwa.

Begitu juga di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan beberapa waktu lalu terjadi longsor sehingga kewaspadaan harus diutamakan, ujar dia.

Dia mengatakan, memang pihaknya bersama instansi terkait telah mengantisipasi akan dampak bencana saat musim penghujan sekarang ini.

Pihaknya bersama kabupaten dan kota terutama daerah yang rawan telah menyiapkan peralatan dalam mengantisipasi bila terjadi bencana baik longsor dan banjir, ujar dia.

Bahkan, lanjut dia, dinas PU juga telah menyiagakan alat berat dalam mengantisipasi dampak akan adanya longsor.

Dia mengatakan, begitu juga dengan BPBD dan Dinas Sosial serta Dinas Kesehatan kabupaten dan kota pihaknya selalu berkoordinasi dalam mengantisipasi bencana tersebut.

Baca juga: LIPI kembangkan teknologi cegah tanah longsor

Kesemuanya itu dilakukan supaya bila terjadi bencana secepatnya dapat ditanggulangi, ujar dia.

Berdasarkan data daerah yang rawan banjir antara lain Musirawas Utara, Ogan Ilir, Muaraenim dan Musi Banyuasin atau daerah yang lalui sungai.

Sementara rawan longsor diantaranya Ogan Komering Ulu Selatan, Pagaralam, Muaraenim, dan Empat Lawang.(T.U005/N005)