Dubes Jepang Masafumi kagumi arsip foto LKBN ANTARA

id Masafumi,dubes jepang,duta besar jepang,arsip foto LKBN ANTARA,Direktur Utama LKBN Antara,Meidyatama Suryodiningrat,Pasar Baru

Dubes Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii, Minister Kedubes Jepang Keiichi Ono, Direktur Pusat Informasi dan Kebudayaan Ryo Nakamura, Dirut LKBN Antara Meidyatama Suryodiningrat. (ANTARA/Ahmad Munir)

Jakarta (ANTARA News Sumsel) - Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii mengagumi koleksi arsip foto Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara yang tersimpan di Galeri Foto Jurnalistik Antara (GFJA) Pasar Baru, Jakarta.

"Anda beruntung sekali memiliki koleksi arsip yang bersejarah," kata Ishii setelah mendengarkan penjelasan dari Direktur Utama LKBN Antara Meidyatama Suryodiningrat di GFJA, Jakarta, Rabu.

Dubes Jepang hadir di Pasar Baru untuk membahas rencana pameran foto bersama Antara dalam rangka memperingati 60 tahun hubungan bilateral RI-Jepang.

Dalam kesempatan tersebut Ishii serta Minister Keiichi Ono dan Direktur Pusat Informasi dan Kebudayaan Ryo Nakamura juga sempat membaca reproduksi "Djawa Shinbun" atau "Koran Jawa"  yang berada di GFJA.

Djawa Shimbun merupakan media berbahasa Jepang dari grup Asahi Shinbun yang terbit di Jakarta pada masa pendudukan Jepang 1943-1945.

"Koleksi ini sangat penting untuk dipamerkan kepada masyarakat Indonesia dan komunitas Jepang untuk menunjukkan bahwa kedua bangsa saling berbagi sejarah," kata Ishii.

Dalam pertemuan yang berlangsung sekitar satu setengah jam itu, Antara dan Kedubes Jepang sepakat untuk menyelenggarakan pameran bersama pada September 2018.

Menurut Dirut Antara, materi foto yang akan dipamerkan meliputi arsip media Jepang di Indonesia pada periode pendudukan 1943-1945, arsip foto Kantor Berita  Foto IPPHOS dan rencananya akan diadakan kolaborasi fotografer Antara dan Jepang di masa kini.
(T.A060/Santoso)
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar