PT KAI siapkan angkutan lebaran dengan alokasi 2.702 kursi/hari

id pt kai,kai,kai sumsel,angkutan lebaran,siapkan kursi mudik,mudik lebaran,lebaran,hari raya, kereta api

PT KAI Divre III pada 2017 menyiapkan 59.444 tempat duduk atau 2.702 tempat duduk perharinya dengan relasi Stasiun Kertapati-Tanjung Karang dan Kertapati-Lubuk Linggau untuk semua kelas (ANTARA News Sumsel/Feny Selly/17)

....Menghadapi masa angkutan Lebaran 2018, PT KAI telah bersiap melayani penumpang dengan mengerahkan seluruh sumber daya yang dimiliki....
Palembang  (ANTARA News Sumsel) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyiapkan angkutan Lebaran Idul Fitri 2018 untuk wilayah Sumatera Selatan pada Juni mendatang dengan alokasi 2.702 kursi/hari.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divre III Sumsel Aida Suryanti di Palembang, Selasa, mengatakan bahwa penetapan masa angkutan Lebaran 2018 selama 22 hari, yakni mulai tanggal 5 Juni 2018 (H-10) sampai dengan 26 Juni 2018 (H+10).

"Para calon penumpang dapat memesan tiket mulai H-90 sebelum keberangkatan, dan proses pemesanan tiket KA mulai pada 7 Maret sampai dengan 24 Maret 2018," kata Aida.

Ia mengatakan selama masa angkutan Lebaran 2018 itu PT KAI Divre III secara total menyiapkan 59.444 tempat duduk, dengan jumlah per hari sebanyak 2.702 tempat duduk untuk KA Komersial Sindang Marga relasi Kertapati-Lubuk Linggau (PP), KA Ekonomi Serelo relasi Kertapati-Lubuk Linggau (PP), KA Komersial Limeks Sriwijaya relasi Kertapati-Tanjung Karang, KA Ekonomi Rajabasa relasi Kertapati- Tanjungkarang.

Pemesanan tiket juga dapat dilakukan melalui aplikasi KAI Access, website kai.id, contact center 121, gerai minimarket dan mobile apps yang dikelola oleh mitra yang telah bekerja sama dengan KAI. ????

Ia menambahkan sebagai informasi, pemesanan tiket melalui KAI Access banyak sekali keuntungannya, di antaranya adanya fasilitas yang tidak dimiliki pada chanel lain, yakni E-boardingpass.

E-boarding pass merupakan boarding pass elektronik yang diterbitkan melalui aplikasi KAI Access versi terbaru. Dengan adanya E-boarding pass, para pengguna KA cukup menunjukkan e-boarding pass pada layar smartphone mereka kepada petugas boarding, tanpa harus mencetak di mesin cetak boarding pass CIC (Check In Counter).

Arus mudik diperkirakan akan mengalami puncaknya pada Rabu, 13 Juni 2018 (H-2) dan puncak arus balik diperkirakan terjadi pada Minggu, 17Juni 2018 (H+1).

"Menghadapi masa angkutan Lebaran 2018, PT KAI telah bersiap melayani penumpang dengan mengerahkan seluruh sumber daya yang dimiliki, mulai dari sarana, prasarana, dan SDM untuk mendukung pelaksanaan angkutan Lebaran 2018 ini," kata dia.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, titik berat pelaksanaan angkutan Lebaran tahun ini terletak pada faktor keselamatan, keamanan, dan kelancaran perjalanan KA.

Untuk keselamatan perjalanan KA, KAI meningkatkan pengawasan di daerah-daerah rawan dengan

menyiagakan petugas posko dan alat material untuk siaga (AMUS) berupa batu balas/kricak, bantalan

rel, pasir, dan sebagainya serta? menambah pemeriksa jalur.

Selain itu, tenaga kerja lapangan juga disiagakan 24 jam apabila terjadi rintang jalan atau PLH (peristiwa luar biasa hebat) .

Di samping itu, KAI menyiapkan tenaga keamanan angkutan lebaran dari internal (Polsuska dan satpam) serta eksternal (TNI/Polri) untuk mengamankan area KA yang terbagi atas pengawalan di atas KA, stasiun, dan di jalur KA.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar