Gubernur Sumsel sosialisasikan Asian Games hingga kabupaten

id lrt,jalan tol,gubernur sumsel,alex nurdin,jsc,jakabaring,infrastruktur,sosialisasi asian games

Pembangunan jalur kereta api ringan (LRT) sepanjang lebih kurang 23 Km dari Bandara SMB II-Jakabaring Palembang salah satu infrastruktur pendukung Asian Games 2018 yang dibangun Pemerintah Pusat (ANTARA News Sumsel/Feny Selly/18)

Palembang  (ANTARA News Sumsel) - Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin terus mensosialisasikan pelaksanaan Asian Games 2018 hingga ke kabupaten dan kota di provinsi tersebut agar masyarakat mengetahui secara luas betapa pentingnya pesta olahraga internasional itu dalam membangun daerah.

"Sosialisasi ini terus dikebut karena banyak yang belum paham apa tujuan dan manfaat dari Asian Games terlebih masyarakat yang ada di daerah," kata gubernur di Palembang, Selasa.

Menurut dia, suksesnya Asian Games perlu didukung seluruh lapisan masyarakat Sumsel sehingga sosialisasi itu diniali amat penting.

Jadi dukungan sangat dibutuhkan sehingga masyarakat harus memahami secara rinci mengenai pesta olahraga yang diikuti 45 negara tersebut.

Gubernur mengatakan, tujuan Asian Games antara lain untuk membangun daerah karena infrastruktur pendukung pesta olahraga akbar itu telah di bangun di Sumsel.

Jadi Asian Games ini bukan tujuan melainkan alat untuk mencapai tujuan. Setidaknya dengan adanya Asian Games Sumsel menyerap dana melebihi APBD yakni mencapai Rp68 triliun untuk infrastruktur, pembangunan venue dan sebagainya.

Jadi dalam membangun daerah mayoritas menggunakan dana APBN serta pihak ketiga, kata gubernur. Dia mengatakan, Asian Games 18 Agustus -02 September mendatang berhasil direbut Sumsel sebagai tempat penyelenggaraannya, karena modal utama dan terutama daerah ini aman dan damai.

Selain itu Sumsel memiliki segudang pengalaman menyelenggaraan kegiatan olahraga berkelas Asia, Asia Pacifik bahkan dunia.

Dia mengatakan, secara rinci, mulai dari PON 2004, Sea Games 2011, perhelatan olahraga negara-negara Islam atau 3rd Islamic Solidarity Games (ISG) 2013 dengan peserta 52 negara, POM Asian atau 17th Association of South East Asian Nations (ASEAN) University Games pada 2014.

Sejak saat itu hampir 40 kegiatan olahraga bertaraf Asia, Asia Pacifik bahkan dunia bermain di kawasan olahraga Jakabaring Palembang, ujar dia.

Selain itu Sumsel miliki kawasan olahraga terpadu berskala internasional yakni Jakabaring Palembang, ujar dia.

Dia mengatakan, rakyat Sumsel ini bersatu dalam kesatuan, dan ridho Allah, Alhamdulillah daerah ini sebagai provinsi yang paling diperhitungkan.

Sosialisasi Asian Games di antaranya di Kota Lubuk Linggau, Musi rawas dan Musi Rawas Utara, kemudian Kota Palembang, Penungkal Abab Lematang Ilir dan para pelajar serta tenaga medis di Sumsel.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar