Kadisdik: Siswa perlu uji coba sebelum UNBK

id unbk,ujicoba unbk,ujian berbasis komputer,ujian nasional,ujian,siswa,kadiknas,widodo,kadiknas sumsel

Kadisdik: Siswa perlu uji coba sebelum UNBK

Pelajar mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMK Negeri 2 Palembang, Sumatra Selatan, Senin (3/4). (ANTARA News SumselNova Wahyudi/17)

Palembang  (ANTARA News Sumsel) - Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Selatan Widodo mengatakan, para siswa perlu melaksanakan uji coba sebelum pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer untuk mengetahui perangkat yang digunakan dalam ujian tersebut.

"Bila tidak dilaksanakan uji coba dikhawatirkan komputer terkena virus," kata Widodo di Palembang, Senin.

Karena itu sebelum pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) perlu dilaksanakan uji coba terlebih dahulu, meski secara umum Sumsel telah siap melaksanakan ujian nasional tersebut.

Apalagi ujian nasional akan dilaksanakan April mendatang sehingga harus siap. Dalam pelaksanaan ujian memang menggunakan sistem ujian berbasis komputer dan ujian manual seperti model lama.

Dia mengatakan, belum semua sekolah dapat melaksanakan UNBK karena perangkat belum mendukung seperti internet. Namun bagi sekolah yang berdekatan lokasi bisa saja bergabung dengan sekolah yang telah siap melaksanakan UNBK.

Pihaknya telah mempersiapkan diri dalam menghadapi ujian nasional mendatang, ujar dia.

Sebelumnya Ketua Ujian Nasional Sumsel Bonny Syafrian mengatakan, sekolah telah melaksanakan simulasi dalam menghadapi UNBK.
Kesemuanya itu dilakukan agar pelaksanaannya nanti tidak mengalami hambatan.