Pensiunan TNI serahkan owa-owa ke BKSDA Kalteng

id pensiunan tni, owa owa, BKSDA, Kalteng, diserahkan,dipelihara ,sumsel

Pensiunan TNI serahkan owa-owa ke BKSDA Kalteng

Dok.Owa-owa (ANTARA)

Muara Teweh (ANTARA News Sumsel) - Seorang pensiunan TNI dari Kodim 1013 Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara, bernama Warno secara suka rela menyerahkan seekor Owa-Owa (Hylobates Moelleri) kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Tengah.

"Penyerahan Owa-Owa atau Kalawet oleh pensiunan TNI-AD ini melalui anaknya bernama Heni Wahyuni ke kantor kami," kata Kepala Kantor Seksi Konservasi Wilayah III Muara Teweh Nizar Adhanianto melalui petugas BKSDA Kalteng Rizardus M di Muara Teweh, Senin.

Menurut Ricardus, satwa yang dilindungi berupa seekor Owa-Owa  diserahkan langsung oleh masyarakat.

Satwa tersebut yang selanjutnya akan diserahkan ke Yayasan Kalaweit yang merupakan mitra pihaknya dalam merehabilitasi sebelum dilepasliarkan ke habitatnya.

"Sebelum diserahkan ke Yayasan Kalaweit, satwa ini dipelihara di Kantor SKW Muara Teweh," katanya.

Sementara Heni Wahyuni mengatakan awal cerita ketemu seekor owa-owa saat ayahnya dipindah tugas di Koramil Benangin  Kecamatan Teweh Timur.

Saat itu kalawet ini masih berumur kurang lebih tiga hari dan masih sangat kecil yang diperlihara hingga sekarang berumur 10 tahun.

Kalawet ini diberi nama panggilan Ruru. Sedangkan untuk makanan hari-harinya ayahnya selalu memberi susu serta buah-buahan seperti pisang, rambutan dan buah lainnya.

"Karena ayahnya sudah pensiun atau purna tugas dari tentara serta sering ditinggalkan bekerja di perusahaan, sehingga ayah minta Ruru menyerahkan saja hewan ini dan minta dimasukkan ke penangkaran Kalawet," kata Heni.