Ada penghuni kampung di Kalsel menggunakan bahasa Korea

id penghuni kampung di banjar baru berbahasa korea,bahasa korea,knpi gagas kampung korea,kampung korea,wali kota banjarbaru,knpi,knpi banjarbaru,etnis ko

Ada penghuni kampung di Kalsel menggunakan bahasa Korea

Dokumentasi - Sejumlah warga Kota Seoul, ibu kota Korea Selatan melakukan aktivitas sehari-hari di tengah kesibukan rutin di Negeri Ginseng tersebut (ANTARA/Budisantoso Budiman/12)

Banjarbaru (ANTARA Sumsel) - Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, menggagas pembentukan satu kawasan yang diberi nama kampung "Korea" di kota tersebut.

 "Kami menggagas dibentuknya kampung "Korea" yakni suatu kawasan yang penghuninya menggunakan bahasa Korea," ujar Ketua KNPI Kota Banjarbaru Edy AJ di Banjarbaru, Sabtu.

Menurut Edy yang baru dikukuhkan sebagai ketua KNPI periode 2017-2028, pihaknya bekerja sama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Kalsel yang berada di Kelurahan Sungai Ulin.

Dijelaskan, kawasan yang ditetapkan sebagai kampung "Korea" terletak dekat dengan kantor BLK yang dikenal sebagai lembaga pencetak tenaga ahli berbagai bidang teknis maupun non teknis.

"Lulusan BLK cukup banyak diarahkan bekerja di Korea dan sebelum berangkat mereka dilatih bahasa Korea sehingga hal itu yang memunculkan gagasan dibentuk kampung "Korea"," ungkapnya.

Ditekankan, gagasan KNPI yang ingin membentuk kampung "Korea" sebagai bentuk sumbangsih agar Kota Banjarbaru semakin dikenal masyarakat luar karena memiliki kekhasan di wilayahnya.

 "Sebelumnya ada kampung "Pelangi", kampung "Pejabat", kampung "Ikan" dan kampung "Sayur" dan kami berinisiatif menambah kekhasan melalui kampung "Korea"," ucapnya.

Wali Kota Banjarbaru Nadjmi Adhani mengapresiasi gagasan KNPI yang sudah memberikan sumbangsih bagi Banjarbaru melalui penamaan kawasan yang sesuai kekhasan di wilayah itu.

"Kami mengapresiasi gagasan KNPI karena tujuannya memperkenalkan Kota Banjarbaru sehingga makin banyak yang berkunjung dan berdampak naiknya kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Dikatakan, pihaknya memang terus mencari terobosan agar Kota Banjarbaru semakin dikenal dan penamaan kawasan sesuai potensi wilayah adalah salah satu cara yang cukup efektif.

"Harapan kami, penamaan kawasan sesuai potensi dan kekhasannya mampu menarik kedatangan masyarakat luar sehingga Banjarbaru semakin dikenal dan tambah maju," katanya.

Sementara itu, pengukuhan Ketua KNPI Banjarbaru dilakukan Ketua KNPI Kalsel Fajrul Rahman, Sabtu disaksikan wali kota dan wakil wali kota, Forkopimda dan undangan lainnya.