Sebanyak 20.000 warga Indonesia ditargetkan belajar di Malaysia

id pelajar indonesia di malaysia,mahasiswa,pelajar indonesia,wakil dubes malaysia,malaysia target 20.000 pelajar indonesia,bea siswa,20.000 pelajar,wni

Sebanyak 20.000 warga Indonesia ditargetkan belajar di Malaysia

Suasana perkuliahan di salah satu perguruan tinggi swasta di Palembang. (ANTARA News Sumsel/18/Yudi Abdullah)

Jakarta (ANTARA News Sumsel) - Wakil Duta Besar Malaysia di Jakarta Zamshari Shaharan menargetkan sebanyak 20.000 warga negara Indonesia belajar di Malaysia pada 2018.

"Pada tahun ini target kami 20.000 pelajar Indonesia. Kegiatan hari ini menjadi salah satu usaha meningkatkan minat pelajar Indonesia dan memberi maklumat yang lebih tentang pendidikan tinggi kepada pelajar potensial dari Indonesia ke Malaysia," katanya di sela acara pameran pendidikan "Karnival Ayo Kuliah di Malaysia" di Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta, Sabtu.

Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta menawarkan 5.000 beasiswa untuk jenjang pendidikan S1, S2 dan S3 kepada warga Indonesia dalam pameran pendidikan yang  berlangsung pada 10-11 Maret 2018 di kantor Kedutaan Besar Malaysia itu.

Acara tersebut diadakan kedubes melalui Education Malaysia Indonesia yang berkolaborasi dengan Education Malaysia Global Services.

Zamshari menuturkan beasiswa itu sebagai upaya menarik minat pelajar Indonesia untuk belajar di berbagai universitas di Malaysia.

Dia mengatakan saat ini sudah ada 11.000 pelajar Indonesia yang sedang mengenyam pendidikan di Malaysia. Pelajar Indonesia tersebut belajar di berbagai studi seperti manajemen, teknik dan studi sosial.

Dia mengharapkan jumlah pelajar Indonesia ke Malaysia akan meningkat signifikan lewat penawaran beasiswa tersebut.  

"Kita akan teruskan usaha untuk menawarkan universitas kepada pelajar Indonesia," ujarnya.

Menteri Penasihat Pendidikan Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta Mior Harris Bin Mior Harun mengatakan rata-rata biaya pendidikan biaya hidup di Malaysia masing-masing 4.000 dolar AS per tahun.

Mior mengatakan jumlah pelajar Indonesia ke Malaysia meningkat tiap tahunnya.

"Biasanya tahun per tahun meningkatnya 500 pelajar Indonesia. Tapi tahun ini kita mau tingkatkan lebih lagi," tuturnya.

Dia menuturkan sekitar 4.000 pelajar Malaysia belajar ke Indonesia saat ini.

Dia menuturkan dari jumlah 4.000 pelajar itu, sebesar 80 persen meminati bidang medis dan 20 persen sedang belajar pendidikan Islam. 5