Kemensos berdayakan masyarakat perbatasan Kalbar

id Kemensos,program DSM,Desa Sejahtera Mandiri,pemberdayaan sosial,kesejahteraan sosial,berita sumsel,berita palembang,wilayah perbatasan

Kemensos berdayakan masyarakat perbatasan Kalbar

Kementerian Sosial Republik Indonesia. (ANTARA News Sumsel/Grafis/Ang/18)

Pontianak (ANTARA News Sumsel) - Kementerian Sosial RI memberdayakan masyarakat Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat di kawasan perbatasan itu dengan salah satu di antaranya melalui program Desa Sejahtera Mandiri, kata Bupati Sambas Atbah Romin Suhaili.

"Melalui program DSM, Kemensos berupaya melaksanakan pemberdayaan sosial dan penguatan masyarakat terutama bidang kesejahteraan sosial di wilayah perbatasan," ujarnya saat dihubungi di Sambas, Sabtu.

Atbah menjelaskan bahwa terkait dengan program DSM Pemerintah Kabupaten Sambas telah diundang Kemensos di Jakarta guna mengikuti pertemuan kegiatan sinkronisasi kegiatan penyelenggaraan kesejahteraan sosial di wilayah perbatasan tersebut.

"Saat di Jakarta rapat dipimpin langsung Menteri Sosial Idrus Marham. Ada 41 kepala daerah, yakni 38 bupati dan tiga wali kota yang diundang. Tapi yang hadir hanya tujuh bupati kabupaten perbatasan," kata dia.

Atbah memaparkan di Kalimantan Barat hanya Kabupaten Sambas dan Bengkayang yang hadir pada pertemuan yang digelar Kemensos tersebut.

"Masing-masing daerah diminta untuk mempresentasikan profil sosial masyarakat perbatasan. Dari hasil presentasi tersebut, kemudian dipetakan permasalahan dan penyusunan rencana kegiatan DSM daerah perbatasan," kata dia.

Ia menambahkan dari hasil pertemuan yang dilakukan itu, segera akan ditindak lanjuti oleh Direktorat Jenderal Sosial Kemensos RI. Oleh karena, ia mengajak seluruh komponen masyarakat Kabupaten Sambas untuk mendukung program Kemensos tersebut.

"Kita sangat bersyukur dan mengapresiasi program Kemensos RI tersebut. Mari kita doakan ini menjadi bagian mewujudkan Kabupaten Sambas hebat, sejahtera, dan unggul," kata dia.
(M.H. Atmoko/M.H. Atmoko)