Dinkes Palembang upayakan seluruh puskesmas terakreditasi

id puskesmas, dinkes palembang, dinas kesehatan, areditasi puskesmas,pelayanan kesehatan,berobat,pemeriksaan kesehatan,perawat,para medis, dokter puskesm

Arsip - Peayanan Kesehatan Masyarakat (Pusakesmas) (ANTARA News Sumsel/Feny Selly/15)

Palembang  (ANTARA News Sumsel) - Dinas Kesehatan Kota Palembang, Sumatera Selatan, saat ini mengupayakan seluruh pusat kesehatan masyarakat yang tersebar di 18 kecamatan dalam kota setempat terakreditasi.

"Dalam dua tahun terakhir telah diajukan akreditasi belasan puskesmas kepada Komisi Akreditasi Kementerian Kesehatan, dan diharapkan pada tahun ini ada beberapa puskesmas lagi yang bisa diproses akreditasinya," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang, dr Letizia di Palembang, Jumat.

Dia menjelaskan, akreditasi fasilitas kesehatan tingkat pertama itu dilakukan untuk mendapatkan pengakuan atas kualitas layanan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang sekarang ini dirasakan masyarakat sudah cukup baik.

Puskesmas yang diajukan permohonan akreditasi itu dinilai layak atau memenuhi persyaratan untuk mendapat pengakuan memiliki fasilitas pelayanan kesehatan yang memadai dan sesuai standar.

Menurut dia, pihaknya terus berupaya meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di ibu kota provinsi Sumatera Selatan yang akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018 bersama DKI Jakarta itu.

Secara umum pelayanan kesehatan di Bumi Sriwijaya ini sudah cukup baik, masyarakat yang membutuhkan penanganan medis tingkat sedang cukup di Puskesmas saja, padahal beberapa tahun lalu masih harus ke rumah sakit umum daerah atau dirujuk ke rumah sakit umum pusat (RSUP) dr Mohammad Hoesin Palembang.

Sebelum fasilitas pelayanan kesehatan memadai seperti sekarang ini, puskesmas hanya dimanfaatkan oleh masyarakat golongan ekonomi kelas bawah atau masyarakat miskin.

Namun kini masyarakat yang berobat atau memeriksakan kesehatannya berasal dari berbagai kalangan, terbukti pada setiap jam operasional puskesmas tampak di halaman parkirnya dipadati sepeda motor dan mobil pengunjung.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar