Polisi kejar pelaku pengerusakan rumah ibadah Kapel Santo Zakaria

id rumah ibadah, pengrusakan gereja,polisi kejar perusak gereja,gereja katolik,gereja di ogan ilir dirusak,buru pelaku perusak geraja

Polisi kejar pelaku pengerusakan rumah ibadah Kapel Santo Zakaria

Sebuah rumah ibadah umat kristiani atau kapel Santo Zakaria di Desa Mekar Sari Kecamatan Rantau Alai Kabupaten Ogan Ilir, dirusak oleh sekelompok orang yang tidak dikenal pada Kamis (7/3) dini hari. (ANTARA News Sumsel/Ist/Ang/18/)

....Saat ini sedang dilakukan penyelidikan dan pengumpulan keterangan saksi serta barang bukti terkait kasus pengerusakan itu....
Palembang (ANTARA News Sumsel) - Tim Polsek Rantau Alai didukung personel Polres Ogan Ilir berupaya mengejar enam pelaku pengerusakan sebuah rumah ibadah umat kristiani atau biasa disebut kapel Santo Zakaria di Dusun 3, Desa Mekar Sari, Kecamatan Rantau Alai, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, pada Kamis dini hari.

Kepala SPK Polsek Rantau Alai, Aiptu Sahil Arsyad ketika dihubungi melalui telepon seluler dari Palembang, Kamis sore, mengatakan pihaknya saat ini berupaya melakukan penyelidikan mengungkap identitas pelaku perusakan yang dilaporkan berjumlah enam orang laki-laki itu.

"Saat ini sedang dilakukan penyelidikan dan pengumpulan keterangan saksi serta barang bukti terkait kasus pengerusakan itu, berdasarkan petunjuk lapangan tersebut diharapkan bisa segera diungkap pelakunya dan dilakukan pengejaran untuk diproses sesuai dengan ketentuan hukum," ujarnya.

Dia menjelaskan, berdasarkan laporan pihak Gereja Katholik Stasi Santo Zakaria Rantau Alai Paroki Ratu Rosario Seberang Ulu, Keuskupan Agung Palembang di Dusun 3, Kecamatan Rantau Alai, Kabupten Ogan Ilir, enam orang laki-laki yang tidak dikenal mendatangi tempat kejadian perkara mengendarai tiga unit sepeda motor.

Pengerusakan itu terjadi pada Kamis (8/3) sekitar pukul 00.30 WIB, namun baru dilaporkan ke Polsek Rantau Alai sekitar pukul 01.30 WIB dan Polsek melaporkan ke Polres Ogan Ilir pukul 05.40 WIB.

Kronologis kejadian, pelaku masuk dengan cara memecahkan dinding pintu depan dengan palu dan melepaskan daun jendela.

Kemudian pelaku memecahkan kaca dengan batu kali, menumpukkan kursi plastik dan patung Bunda Maria di tengah ruangan dan membakarnya.

Setelah melakukan aksi pengerusakan dan pembakaran itu , pelaku melarikan diri dan masyarakat sekitar gereja setelah mengetahui aksi tersebut langsung ke TKP membantu menyiram api sehingga kebakaran besar bisa dihindari, katanya.

Gereja yang dirusak oleh sekolompok orang tidak dikenal itu baru selesai direnovasi dan diresmikan pemakaiannya kembali pada Minggu (4/3) oleh Uskup Palembang.