Tiongkok akan investasi pengembangan KEK Bitung Sulut

id tiongkok investasi di sulut,kek bitung sulut,gubernur sulawesi utara,pariwisata,penerbangan internasional samratulangi,investasi,investasi tiongkok

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey (tiga dari kiri) menerima delegasi Ambassador of the people's Republik of China Mr. Xiao Qian membahas kerja sama dan rencana investasi (Sulutprov.co.id/18)

Manado (ANTARA News Sumsel) - Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey menerima kunjungan kerja Ambassador of the people's Republik of China Mr. Xiao Qian membahas kerja sama dan rencana investasi pengembangan kawasan ekonomi khusus Bitung.

"Tiongkok juga berencana ikut mengambil bagian dalam pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung," kata Gubernur Olly di Manado sebagaimana dikutip Kepala Humas Pemprov Sulut Christian Ronaldo Iroth SSTP, Kamis.

Saat berdialog, Mr. Xiao mengapresiasi langkah Gubernur Olly memajukan sektor pariwisata karena saat ini Sulut semakin dikenal di mata dunia.

Tercatat ratusan ribu wisatawan Tiongkok telah melakukan kunjungan wisata ke daerah berpenduduk lebih dari 2,5 juta jiwa itu, ujarnya.

Menindaklanjuti pertemuan tersebut, Mr. Xiao dan rombongan juga akan meninjau secara langsung lokasi pembangunan KEK di Kota Bitung.

Gubernur, kata dia, mengatakan sektor pariwisata telah menjadi andalan pemerintah daerah karena dapat menjadi motor penggerak peningkatan kesejahteraan warga.

Karena itu, pemerintah berkoordinasi dengan pemerintah pusat mencari terobosan strategis membuka penerbangan langsung dari sejumlah kota di Tiongkok ke Sulut melalui bandara Sam Ratulangi.

Dampaknya, kata dia, jumlah kunjungan wisatawan meningkat hingga 221 persen bila dibandingkan dengan kunjungan tahun 2015 lalu sebanyak 27.059 orang.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar