Museum Timah Babel tambah delapan galeri promosi UKM

id museum timah indonesia,museum timah bangka,meseum,galeri museum,timah,galeri ukm,promosi ukm,pelaku usaha

Museum Timah Babel tambah delapan galeri promosi UKM

Meseum Timah Indonesia Bangka Belitung (ANTARA/ist)

Pangkalpinang (ANTARA News Sumsel) - Museum Timah Indonesia menambah galeri produk usaha mikro kecil menengah, guna membantu pelaku usaha mempromosikan dan memasarkan hasil kerajinan serta makanan khas daerah itu.

"Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini delapan unit galeri produk UMKM mitra binaan PT Timah Tbk selesai," kata Pemandu pengunjung Museum Timah Indonesia Marlita di Pangkalpinang, Rabu.

Ia menjelaskan delapan unit galeri tempat penjualan produk kerajinan dan makanan dibangun di sebelah gedung Museum Timah Indonesia, sehingga pengunjung mudah mendapatkan produk khas daerah ini.

Selain itu memperindah kawasan Gedung Museum Timah, sehingga pengunjung bisa santai dan nyaman melihat sejarah pertimahan di daerah ini.

"Kami sebelumnya hanya memiliki satu unit galeri sebagai tempat promosi dan penjualan kerajinan pewter yang berbahan baku timah kepada pengunjung museum," katanya.

Ia mengatakan penambahan galeri produk UMKM ini, karena minat wisatawan terhadap produk kerajinan dan makanan khas yang cukup tinggi.

"Pengunjung tidak hanya berkunjung untuk melihat dan mengetahui sejarah pertimahan di Bangka Belitung, tetapi mereka juga berbelanja berbagai beraneka kerajinan seperti pewter, tenun cual, kopiah resam dan makanan khas seperti kerupuk kemplang, terasi dan lainnya," katanya.

Ia berharap dengan adanya penambahan galeri ini dapat membantu pelaku usaha kecil memasarkan dan mempromosikan produk kepada wisatawan nusantara dan manca negara, sehingga produk khas daerah ini semakin dikenal masyarakat luar daerah," katanya.