PHRI Sumsel kembali melakukan uji kompetensi karyawan

id phri,uji kompetensi karyawan hotel,sertifikasi karyawan,hotel dan restoran,peningkatan kemampuan,phri layani peserta asian games

PHRI Sumsel kembali melakukan uji kompetensi karyawan

Ketua PHRI Sumsel Herlan Aspiudin (ANTARA News Sumsel/Evan Ervani)

Palembang  (ANTARA News Sumsel) - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumatera Selatan kembali memulai kegiatan uji kompetensi karyawan hotel dan restoran untuk meningkatkan profesionalisme pelayanan di bidang jasa kepariwisataan itu.

Uji kompetensi melalui program sertifikasi karyawan hotel dan restoran yang didukung Kementerian Pariwisata itu, mulai dilakukan pada awal Maret 2018, dengan melakukan uji kompetensi terhadap 300 karyawan hotel dan restoran di Palembang, kata Ketua PHRI Sumsel, Herlan Aspiudin di Palembang, Senin.

Menurut dia, untuk meningkatkan kualitas karyawan hotel dan restoran terutama di Kota Palembang yang akan menjadi tuan rumah Asian Games bersama Jakarta, perlu dilakukan program sertifikasi yang bersifat massal.

Guna melakukan kegiatan tersebut, pengurus PHRI Sumsel pada 2018 menerima bantuan program sertifikasi untuk 5.000 karyawan hotel dan restoran dari Kementerian Pariwisata, katanya.

Dia menjelaskan, pihaknya sangat terbantu dengan bantuan pemerintah pusat itu, karena untuk melakukan program sertifikasi secara besar-besaran tidak mungkin bisa dilakukan PHRI Sumsel sendiri, karena keterbatasan personel dan membutuhkan biaya yang cukup besar.

"Program sertifikasi karyawan hotel dan restoran dari Kementerian Pariwisata ke daerah ini setiap tahunnya paling banyak 1.000 orang, namun untuk menghadapi ajang olahraga negara-negara kawasan Asia itu diberikan jatah yang luar biasa pada tahun ini mencapai 5.000 orang," ujarnya.

Dalam tiga tahun terakhir, PHRI Sumsel terus berupaya melakukan berbagai persiapan agar saat berlangsungnya Asian Games tersedia kamar hotel dalam jumlah yang cukup, restoran yang menyediakan makanan berstandar internasional, serta karyawan hotel dan restoran yang profesional dengan mengantongi sertifikasi.

Untuk menyediakan kamar bagi atlet, ofisial, dan tamu dari 44 negara peserta Asian Games, pihaknya telah membangun beberapa hotel baru dan melakukan penambahan kamar baru pada hotel yang sudah ada selama ini.

Sedangkan untuk meningkatkan kemampuan profesionalisme karyawan hotel dan restoran dilakukan uji kompetensi melalui program sertifikasi serta pelatihan sesuai dengan bidang pekerjaannya masing-masing, kata Herlan.