Pasang laut Membalong Belitung diprakirakan lebih dua meter

id gelombang,pasang laut,ombak,bmkg,pesisir pantai membalong,membalong belitung,gelombang laut dua meter

Pasang laut Membalong Belitung diprakirakan lebih dua meter

Dokumen - Gelombang laut i (ANTARA FOTO/Rahmad)

Pangkalpinang (ANTARA News Sumsel) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memprakirakan ketinggian pasang air laut di pesisir Pantai Membalong Kabupaten Belitung mencapai dua meter lebih pada Minggu (4/3).

"Ketinggian pasang air laut di Membalong diprakirakan dapat mencapai 2,09 meter," ujar prakirawan Kantor BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Kota Pangkalpinang, Rizki Adzani, di Pangkalpinang, Sabtu.

Selain di Membalong, ketinggian pasang air laut melebihi dua meter juga dapat terjadi di pesisir Pantai Sungailiat Kabupaten Bangka sekitar 2,17 meter.

Ketinggian pasang air laut di pesisir pantai Toboali Kabupaten Bangka Selatan sekitar 1,77 meter, di Belinyu Kabupaten Bangka 1,42 meter, di Mentok Kabupaten Bangka Barat 1,39 meter, di Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur 1,37 meter, dan di Tanjungpandan Kabupaten Belitung sekitar 1,23 meter.

"Pasang air laut setinggi itu dinilai dapat membahayakan keselamatan, karenanya warga atau wisatawan diimbau agar tidak beraktivitas di pesisir pantai yang terhubung langsung dengan laut lepas," kata Rizki.

Pada kesempatan itu, BMKG Kota Pangkalpinang memprakirakan ketinggian gelombang di perairan dan jalur-jalur penyeberangan berkisar 0,25 sampai 0,75 meter dan relatif normal.

Ketinggian gelombang signifikan di jalur penyeberangan Selat Bangka diprakirakan antara 0,25 sampai 0,5 meter, sedangkan di Selat Gelasa, Selatan Bangka, Utara Bangka, dan Selat Karimata sekitar antara 0,25 sampai 0,75 meter.

"Namun demikian kami tetap mengimbau para pengguna jasa angkutan laut serta nelayan tradisional agar waspada selama berada di perairan karena ketinggian gelombang maksimum dapat mencapai dua kali ketinggian gelombang signifikan," ujar Rizki Adzani.

BMKG juga masih mengimbau masyarakat mewaspadai potensi awan petir (Cumulonimbus) yang dapat menyebabkan ketinggian gelombang bertambah.

Kecepatan angin di jalur-jalur penyeberangan Kepulauan Bangka Belitung berkisar 8-30 kilometer per jam yang bergerak dari barat ke utara dan dari barat laut ke timur laut.

Cuaca di daratan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sepanjang Minggu diprakirakan cerah berawan, berawan, dan berawan tebal dengan peluang terjadi hujan lokal dan hujan ringan serta hujan sedang hingga lebat disertai petir  di wilayah Kabupaten Bangka, terutama pada siang sampai sore hari.

Hujan lokal dan hujan ringan berpeluang terjadi di beberapa wilayah Kepulauan Bangka Belitung pada siang sampai sore hari.

Kecepatan angin di daratan diprakirakan 20 kilometer per jam dengan suhu 23 sampai 32 derajat Celcius dan kelembaban udara 65 hingga 95 persen.