20 persen siswa SMK mengambil jurusan bisnis manajemen

id smk, siswa smk,pelajar smk,murid smk,sekolah smk,kemdikbud,smk jurusan manajemen,smk jurusan bisnis manajemen

20 persen siswa SMK mengambil jurusan bisnis manajemen

Peserta mengikuti serangkaian tes fisik pada seleksi tenaga kerja lulusan SMK di Gedung SMK Negeri 2 Palembang, Kamis (21/12). (ANTARA News Sumsel/Feny Selly/17/I016)

Jakarta (ANTARA News Sumsel) - Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Bahrun mengatakan sekitar 20 persen siswa di jenjang sekolah kejuruan itu mengambil jurusan yang termasuk dalam kategori bisnis manajemen.

"Saat ini ada 4,9 juta siswa SMK mulai dari kelas satu hingga kelas tiga. Sekitar 1,2 juta di antaranya mengambil jurusan bisnis manajemen," ujar Bahrun di Jakarta, Sabtu.

Menurut dia, jurusan bisnis manajemen bukan tidak diperlukan pada saat ini namun perlu adanya revitalisasi agar disesuaikan dengan perkembangan zaman. Oleh karena itu, Inpres  Nomor 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan meminta agar adanya penyelarasan kurikulum SMK dan kompetensi sesuai dengan kebutuhan pengguna lulusan.

"Kami mengakui kompetensi yang ada di SMK selama ini dianggap kurang sesuai dengan kebutuhan yang ada di industri".

Untuk jurusan bisnis manajemen, kata Bahrun, pihaknya berupaya menyesuaikannya dengan perkembangan zaman misalnya mengubah jurusan pemasaran menjadi pemasaran dalam jaringan (daring), kemudian logistik untuk penjualan daring dan yang terbaru juga ada jurusan energi terbarukan.

"Kami berupaya untuk meningkatkan kompetensi dari siswa lulusan SMK ini. Sehingga begitu lulus, tidak hanya siap kerja tetapi juga bisa menjadi wirausahawan muda".

Bahrun menjelaskan di sejumlah SMK yang ada jurusan pemasaran daring, ada siswa SMK yang beromset hingga ratusan juta rupiah dari pekerjaan sampingannya sebagai pedagang melalui internet.