Menkes: Semua peserta Asian Games 2018 akan diimunisasi

id menkes,menkes nila df moeloek, imunisasi,peserta asian games, peserta asian games di imunisasi, penyakit, penyakit menular

Menkes: Semua peserta Asian Games 2018 akan diimunisasi

Arsip - Menteri Kesehatan dr Nila F Moeloek berbincang dengan pasien obesitas di Rumah Sakit Moehamad Hoesin Palembang, Sumsel, Jumat (5/8). (ANTARA News Sumsel/ Feny Selly/16)

Palembang  (ANTARA News Sumsel) - Menteri Kesehatan Nila F Moeloek mengatakan, semua  peserta Asian Games 2018 di DKI Jakarta dan Palembang direncanakan akan diimunisasi sehingga bila ada penyakit menular dapat terdeteksi dan diantisipasi.

"Kami  akan membahas itu dengan kementerian terkait supaya peserta nanti tidak terjangkit penyakit menular," kata menteri usai menghadiri simposium Asosiasi Rumah Sakit Pendidikan Indonesia di Palembang, Jumat.

Dia mengatakan, apalagi saat pesta olahraga internasional mendatang banyak peserta yang datang dari berbagai negara dengan iklim yang berbeda. Mereka perlu fisik yang kuat sehingga imunisasi sangat diperlukan pada pesta yang diikuti 45 negara itu.

Selain itu imunisasi untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan terutama mencegah penyakit menular agar tidak terjangkit, kata dia.

Lebih lanjut dia mengatakan, jangan hanya masyarakat Indonesia yang berpergian keluar negeri saja perlu diimunisasi tetapi warga yang berkunjung ke daerah ini perlu diantisipasi.

Yang jelas, lanjut dia, selama ini bila masyarakat berpergian keluar negeri selalu diimunisasi supaya daya tahan tubuhnya semakin kuat.

Sehubungan itu imunisasi diperlukan untuk mengantisipasi supaya peserta pesta olahraga akbar mendatang memiliki daya tahan tubuh yang kuat, kata dia.

Oleh karena itu pihaknya akan membicarakan permasalahan tersebut terutama pada Kementerian Pemuda dan Olahraga supaya peserta pesta olahraga tersebut memiliki fisik yang kuat, ujar dia.

Dia mengatakan, apalagi kesehatan cukup penting sehingga pemerintah terus mengupayakan agar masyarakat selalu sehat.

Bahkan, lanjut dia, pihaknya sekarang ini memaksimalkan jaminan kesehatan nasional supaya masyarakat terjamin dalam menjaga kesehatan.