Paus berukuran besar terdampar di pesisir pantai Situbondo

id paus,ikan paus terdampar,berita sumsel,berita palembang,pesisir pantai Desa Jangkar, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur

Paus berukuran besar terdampar di pesisir pantai Situbondo

Arsip- Ikan paus mati. (ANTARA/Jose Ferdinan)

Situbondo (ANTARA News Sumsel) - Seekor ikan paus berukuran besar terdampar di pesisir pantai Desa Jangkar, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Jumat.

"Setelah mendapatkan laporan dari nelayan Desa/ Kecamatan Jangkar, kami bersama Satpol Air dan Kemanan Laut (Kamla) Jangkar langsung ke tengah, dan ukurannya memiliki panjang sekitar 25 meter dan tinggi delapan meter," kata Kapolsek Jangkar, Polres Situbondo, Iptu Pol Pramana di Situbondo.

Sesuai dari keterangan warga (nelayan) setempat, lanjut dia, pertamakali ditemukannya ikan paus berukuran besar itu terdampar sekitar 500 meter dari bibir pantai, oleh salah seorang nelayan saat pulang melaut pada Kamis (1/3) malam.

Karena sampai Jumat pagi ikan paus tersebut masih terdampar, katanya, puluhan warga setempat sempat berusaha menyelamatkan ikan paus dengan mengusir dan mendorong ke tengah laut.

"Namun, usaha kami bersama warga sia-sia karena ukurannya sangat besar. Ditarik menggunakan perahu milik warga juga tidak mampu," ungkapnya.

Dari pantauan, ratusan warga yang mendapatkan informasi terdamparnya ikan paus berukuran besar itu berdatangan untuk melihat lebih dekat dengan menggunakan jasa perahu nelayan setempat.

Hingga saat ini, ikan paus masih kesulitan bergerak dan warga setempat berencana menariknya ke tengah laut menunggu air laut pasang pada siang ini.
(T.KR-ZUM/C. Hamdani)