Kodim Lahat bangun 1.000 jamban untuk masyarakat

id jamban, kodim lahat,buang tinja,buang tinja sembarangan,anggota kodim,bangun jamban,buang tinja ke sungai,kodim bangun jamban masyarakat lahat

Kodim Lahat bangun 1.000 jamban untuk masyarakat

Arsip - Jamban sehat (ANTARA FOTO)

....Penyediaan sarana sanitasi jamban sehat itu guna meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tidak membuang air besar (BAB) sembarangan....
Palembang  (ANTARA News Sumsel) - Jajaran Kodim 0405 Lahat bersama Dinas Kesehatan setempat membangun sebanyak 1.000 jamban keluarga untuk warga di kabupaten tersebut supaya lingkungan menjadi sehat.

"Untuk tahap pertama dibangun di Senabing Kecamatan Lahat," kata Kepala Penerangan Korem 044 Garuda Dempo Mayor Inf Aris Barunawan di Palembang, Rabu.

Pembangunan jamban keluarga itu dikomandoi Danramil 405-12/Lahat Kapten Arh Mardin bersama Kepala UPT Puskesmas Senabing Ratna T yang dibantu anngota dan pegawai kesehatan itu.

Dia mengatakan, sedikitnya 16 unit jamban yang akan dibuat guna memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap sanitasi yang sehat.

Penyediaan sarana sanitasi jamban sehat itu guna meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tidak membuang air besar (BAB) sembarangan, ujar dia.

Sementara Danramil 405 -12/Lahat Kapten Arh Mardin mengatakan, selain penyediaan jamban keluarga pihaknya juga melakukan kegiatan penyuluhan yang bersifat edukatif untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat bahwa pentingnya kesehatan lingkungan.

Bahkan, lanjut dia, pihaknya sangat mendukung kerja sama Puskesmas untuk program 1.000 jamban di wilayah Lahat tersebut.

Program tersebut diharapkan berjalan lancar diseluruh Puskesmas yang ada sehingga tidak ada lagi masyarakat yang tidak punya jamban dan buang tinja sembarangan, ujar dia.

Salah seorang warga, Maman mengatakan, pihaknya sangat senang dengan dibangunnya jamban oleh Koramil 405-12/Lahat bekerja sama dengan UPT Puskesmas Senabing.

Warga masyarakat setempat merespon dan berterima kasih dan sekaligus akan membantu menyukseskan program tersebut, ujar dia.

Hal ini karena sebelumnya warga di daerah ini terbiasa buang air besar di sungai maupun di tempat lain.

Pihaknya sangat senang dan berterimakasih mendapat bantuan pembuatan jamban sehingga warga tidak perlu lagi buang air di sungai.

Sebagaimana Danramil 405-12/Lahat Kapten Arh Mardin dan Kepala UPT Puskesmas Senabing Ratna T dibantu lima orang anggota dari Koramil 405-12/Lahat dan empat petugas dari Puskesmas melakukan pembuatan jamban untuk warga setempat.