Dinkes OKU optimalkan keberadaan Poskesdes

id Pos Kesehatan Desa,pemeriksaan kesehatan masyarakat,berita palembang,berita sumsel,Dinas Kesehatan oku,pelayanan kepada masyarakat,Ogan Komering Ulu

Dinkes OKU optimalkan keberadaan Poskesdes

Arsip- Petugas kesehatan memeriksa kesehatan masyarakat. (ANTARA News Sumsel/Feny Selly/Ag/17)

Baturaja (ANTARA News Sumsel) - Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, mengoptimalkan keberadaan 132 Pos Kesehatan Desa yang ada di wilayah itu agar maksimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat di pedesaan.

"132 Pos Kesehatan Desa (Poskesdes) yang ada di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) sekarang ini sudah kami optimalkan keberadaannya," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) OKU Suharmasto di Baturaja, Jumat.

Dia mengemukakan, di Kabupaten OKU saat ini terdapat 132 Pokesdes tersebar di 143 desa di wilayah itu dioptimalkan keberadaannya sebagai upaya meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masayarakat khususnya yang berada di pelosok desa.

"Untuk desa yang tidak ada Poskesdes karena terdapat Puskesmas, jadi kami gunakan azas manfaat," katanya.

Dia mengatakan, pihaknya menugaskan tenaga bidan di setiap desa?dibantu petugas pelayanan medis untuk melayani masyarakat yang ingin berobat ataupun kebutuhan bersalin.

"Selain tenaga bidan desa, kami juga menempatkan tenaga medis dokter dan perawat yang selalu siaga di wilayah kerja masing-masing," ungkapnya.

Penempatan petugas kesehatan tersebut, kata dia, sebagai upaya mengoptimalkan Pokesdes di setiap desa agar dapat melayani masyarakat di pelosok yang membutuhkan penanganan medis maupun non medis.

"Untuk bidan desa sebagaian berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan sebanyak? 258 bidan PTT," ungkapnya.

Menurut dia, pihaknya melalui UPTD Puskesmas di seluruh kecamatan terus memantau kinerja petugas kesehatan di setiap Poskesdes di wilayah itu.
(T.KR-EDO/H005)