Indonesia siap bantu negara di kawasan Pasifik Selatan

id wiranto, menkopolhukam, bantu, pasifik selatan

Indonesia siap bantu negara di kawasan Pasifik Selatan

Menko Polhukam Wiranto. (ANTARA Sumsel/Nova Wahyudi/dol/17)

....Bantuan yang diminta negara Pasifik Selatan seperti soal 'capacity building' untuk sejumlah hal seperti soal pengalaman Indonesia dalam menyelenggarakan berbagai even-even internasional....
Jakarta (ANTARA News Sumsel ) - Pemerintah Indonesia akan membantu negara-negara yang berada di kawasan Pasifik Selatan sesuai dengan keinginan yang dibutuhkan.

"Bantuan yang diminta negara Pasifik Selatan seperti soal 'capacity building' untuk sejumlah hal seperti  soal pengalaman Indonesia dalam menyelenggarakan berbagai even-even internasional," kata Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Wiranto usai Rapat Koordinasi Khusus (Rakorsus) dengan membahas Pasifik Selatan di Kemenko Polhukam, Jakarta, Jumat.

Termasuk, lanjut dia, soal bagaimana melatih kepolisian, bagaimana kerja sama perikanan, kerja sama perdagangan, dan kerja sama agrikultur di bidang rumput laut, dan lainnya.

"Itu semua memang perlu kita rapatkan. Makanya hari ini kita rapat agak besar mengundang kira-kira 43 KL (Kementerian Lembaga) yang terkait," katanya.

Wiranto mengatakan, dalam rapat itu dirinya berbicara mengenai kerja sama dalam memberikan bantuan untuk negara Pasifik Selatan.

Rapat itu dikaitkan dengan kunjungan Wiranto pada hari ulang tahun Republik Nauru ke-50 beberapa waktu lalu. Pada kunjungan itu, Menko Polhukam bertemu dengan sejumlah kepala negara atau pemerintahan, yang memiliki  pemahaman yang sama dalam membangun Pasifik Selatan.

Dengan adanya permintaan bantuan dari negara Pasifik Selatan, maka menunjukkan Indonesia sudah dianggap negara berkembang yang sangat maju.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi mengatakan, kerja sama ini merupakan upaya Indonesia untuk menguatkan hubungan karena sudah cukup lama Indonesia tidak memperhatikan soal Pasifik Selatan.

"Ini upaya kita untuk memperkuat hubungan kita dengan negara-negara di dunia. Hari ini fokusnya ke Pasifik Selatan," ujar Retno.

Menurut Retno, dalam kerja sama ini nantinya Indonesia memberikan bantuan kepada negara Pasifik Selatan, seperti "capacity building" untuk masalah yang terkait dengan rumput laut.

"Itu hampir semua negara Pasifik Selatan memerlukan," tuturnya.
        
Dalam memberikan bantuan, tambah Retno, akan disesuaikan dengan permintaan negara Pasifik Selatan.