Status Klinik Baznas ditingkatkan menjadi rumah sakit

id Klinik Al-Afiyah Baznas,klinik kesehatan,rumah sakit,RSB Pusat Dr Fachri,berita palembang,berita sumsel

Status Klinik Baznas ditingkatkan menjadi rumah sakit

Dokumen - RSUD Baturaja (ANTARA News Sumsel/Edo/17)

Baturaja (ANTARA News Sumsel) - Status Klinik Al-Afiyah Baznas Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan akan ditingkatkan menjadi rumah sakit sehingga dalam pelayanan berobat bagi masyarakat miskin dapat lebih maksimal.

"Status klinik nantinya bakal ditingkatkan menjadi Rumah Sakit Baznas (RSB) yang merupakan bagian dari program layanan kesehatan gratis bagi masyarakat miskin atau juga sering disebut rumah sakit tanpa kasir," kata Kepala RSB Pusat Dr Fachri di Baturaja, Ogan Komering Ulu (OKU), Kamis.

Dia menjelaskan, istilah rumah saki tanpa kasir ini merujuk pada fasilitas kesehatan tersebut, karena memang tidak menyediakan kasir pembayaran untuk pasien yang berobat alias gratis.

"RSB ini nantinya akan menyediakan sejumlah pelayanan kesehatan gratis berupa rawat jalan dan 20 kamar rawat inap pasien untuk masyarakat kurang mampu," katanya.

Tak hanya itu, jika status Klinik Al-Afiyah Baznas OKU ditingkatkan, maka RSB ini merupakan yang ke sembilan di Indonesia dan satu-satunya di Sumatera Selatan.

"Langkah awal yang dilakukan dalam peningkatan ini adalah mempersiapkan sarana penunjang seperti gedung, peralatan medis, tenaga medis dan lainnya," ungkapnya.

Untuk operasional RSB ini, kata dia, akan berbagi atau sharing 60 persen dana operasional ditanggung Baznas Pusat, 30 persen Baznas Sumatera Selatan dan 10 persen Baznas OKU.

Menurut dia, alasan pihaknya mengembangkan klinik Al-Afiyah menjadi RSB karena dari kabupaten dan kota di Sumatera Selatan, hanya OKU yang sudah siap dan didukung pemerintah daerah setempat dalam memberikan dukungan untuk peningkatan status tersebut.

Hal ini perlu di lakukan untuk membantu Pemerintah Kabupaten OKU dalam menyiapkan sarana kesehatan bagi masyarakat kurang mampu yang membutuhkan pelayanan berobat gratis.

"Apalagi informasinya rumah sakit disini menjadi rumah sakit rujukan dari enam kabupaten lain di Sumsel," kata dia.

Bupati OKU Kuryana Azis saat dikonfirmasi secara terpisah mengaku mendukung rencana Baznas pusat yang akan meningkatkan status Klinik Al-Afiyah menjadi Rumah Sakit Baznas (RSB) OKU.

"Pemkab OKU siap memfasilitasi yang dibutukan dalam pengembangan Klinik Al-Afiyah menjadi rumah sakit sehat seperti yang direncanakan Baznas Pusat," kata dia.

Dengan bertambahnya fasilitas pelayanan kesehatan di Kabupaten OKU, lanjut dia, maka akan sangat membantu pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat miskin di wilayah itu.
(T.KR-EDO/I016)