Dinas Pariwisata Palembang tambah fasilitas wisata air

id sungai musi, wisata air, wisata,wisata sungai sekanak,pemkot palembang, kembagkan wisata, pemkot kembangkan wisata

Dinas Pariwisata Palembang tambah fasilitas wisata air

Arsip - Pemandangan di Sungai Musi, tak jauh dari jembatan Ampera, Palembang Sumsel. (ANTARA/Eric Ireng)

Palembang  (ANTARA News Sumsel) - Dinas Pariwisata Palembang, Sumatera Selatan akan terus menambah fasilitas wisata air di perairan Sungai Musi dan beberapa anak sungai yang kini mulai dikembangkan menjadi objek wisata air.

"Wisata air yang selama ini di perairan Sungai Musi, kini mulai dikembangkan di anak sungai kawasan Sekanak, dengan pengembangan itu memerlukan tambahan fasilitas pendukung yang dapat digunakan wisatawan," kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang, Isnaini Madani di Palembang, Rabu.

Selama ini sudah ada beberapa kapal wisata untuk melayani wisatawan nusantara dan mancanegara yang akan menikmati wisata air di daerah aliran Sungai Musi, dengan dikembangkannya wisata air di Tepian Sungai Sekanak pihaknya saat ini tengah menyiapkan 20 unit perahu hias.

Perahu hias berkapasitas maksimal untuk 20 orang itu, disiapkan untuk melayani warga kota dan wisatawan yang akan menikmati suasana kawasan Sungai Sekanak yang kini telah ditata dan dicat dengan warna cerah serta bergambar sejumlah benda dan satwa dengan gaya tiga dimensi.

Sarana dan prasarana pendukung kawasan objek wisata di kota yang akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018 ini akan terus ditingkatkan, sehingga dapat menambah daya tarik wisatawan berkunjung ke kota ini dan bisa menunjang pertumbuhan industri pariwisata, katanya.

Sementara Pjs Wali Kota Palembang, Akhmad Najib menjelaskan bahwa pihaknya terus berupaya melakukan pembenahan objek wisata dan pengembangan daerah tujuan wisata baru.

"Selama ini wisatawan nusantara dan mancanegara yang berkunjung ke Bumi Sriwijaya ini mengunjungi objek wisata Benteng Kuto Besak, Jembatan Ampera dan wisata Sungai Musi, namun kini ada destinasi baru yang tidak kalah menarik dan lokasinya tidak jauh dengan objek wisata tersebut," ujarnya.

Daerah tujuan wisata atau destinasi baru yang dikembangkan Pemkot Palembang tahun ini yakni Tepian Sekanak Bersolek dan Kampung Mural Goedang Boentjit.

Tempat wisata baru tersebut sangat diminati warga kota setempat dan para wisatawan yang berkunjung ke Ibu kota Provinsi Sumatera Selatan itu.

Untuk menjaga objek wisata tersebut menjadi destinasi yang diminati wisatawan, pihaknya akan menjaga kebersihan, keindahan, dan keamanannya serta mengajak seluruh warga kota bersama-sama memeliharanya, kata Najib.