ICMI menggagas penertapan ekonomi pasar Pancasila

id BJ Habibie,Ekonomi Pasar Pancasila,Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia,berita palembang,berita sumsel,pasar Pancasila,Sugiharto

Presiden RI ke-3 BJ Habibie (ANTARA/Akbar Nugroho Gumay)

Jakarta (ANTARA News Sumsel) - Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) menggagas Ekonomi Pasar Pancasila yang merupakan gagasan dari Profesor BJ Habibie serta mendapat sambutan baik dari Presiden Joko Widodo.

"Indonesia bisa lebih berkembang dengan menggunakan fondasi pasar Pancasila," kata Ketua Presidium ICMI Sugiharto di acara Simposium Nasional Ekonomi Pasar Pancasila di Jakarta, Senin.

Sugiharto mengatakan perekonomian Indonesia dipandang baik di dunia karena tidak dianggap berbahaya untuk berinvestasi. Negara Indonesia sendiri dalam indeks dalam keseimbangan perekonomian masih seimbang, tidak ada penurunan ataupun penaikan.

Menurut dia, berbagai negara memiliki strateginya masing-masing dalam mempertahankan ekonomi agar tetap stabil. Indonesia seharusnya mulai menggunakan ekonomi Pancasila untuk fondasinya.

Sila-sila Pancasila, kata dia, pantas untuk dijadikan sebagai rujukan dalam Ekonomi Pasar Pancasila dengan memaksimalkan poin-poin dalam lima sila untuk mengubah pemikiran ekonomi Indonesia saat ini.

Secara garis besar, lanjut dia, isi dari Pancasila dan UUD 1945 adalah untuk kesejahteraan rakyat. Oleh karena itu, Indonesia harus mulai menggunakan ekonomi Pancasila yang akan berdampak bagi kesejahteraan rakyat.

Dia mengatakan, selain dalam perkembangan ekonomi Pancasila juga harus diikuti dengan tren pertumbuhan digital di Indonesia. Pengembangan perekonomian juga sangat membutuhkan dorongan produktivitas serta pengembangan digital ekonomi yang sedang berkembang saat ini.

"Jadi dapat dikatakan bila Indonesia dapat melakukan keseimbangan dari ekonomi Pancasila dan ekonomi digital, maka dari hal tersebut dapat membuat Indonesia memiliki perekonomian yang bagus di mata dunia," kata dia.

Penggagas Ekonomi Pasar Pancasila BJ Habibie mengatakan dasar Pancasila menolak akumulasi kekayaan yang dikuasai segelintir orang. Ekonomi Pasar Pancasila menjamin kepemilikan masyarakat yang penggunaanya direncanakan untuk kepentingan orang banyak.

"Ekonomi Pasar Pancasila dimaksudkan untuk memastikan kesejahteraan rakyat dengan cara berkeadilan menurut dengan nilai-nilai yang terkandung dalam dasar Pancasila," kata Habibie.
(T.A061/A.F. Firman)
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar