Pengolalaan sampah harus terpadu

id sampah, bank sampah,pemkab oku, bupati, kuryana azia,bak sampah, tong sampah,tpa

Pengolalaan sampah harus terpadu

Bank Sampah (ANTARA News Sumsel/Feny Selly/Ang/17)

Baturaja  (ANTARA News Sumsel) - Bupati Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, Kuryana Azis meminta bawahannya agar dalam pengelolaan sampah dilakukan secara terpadu dan mengaktifkan seluruh unit bank sampah yang ada di wilayah itu.

"Sebab nantinya Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) memiliki bank induk sampah yang akan menampung semua sampah dari unit sampah sehingga hasilnya tercatat rapi dalam pembukuan," kata Kuryana Azis di Baturaja, Minggu.

Ia mengemukakan, sejauh ini pemerintah daerah setempat mengapresiasi pihak RSUD Ibnu Sutowo Baturaja karena telah mengumpulkan barang bekas di bank sampah dengan laporan pencapaian setoran tertinggi.

"RSUD Ibnu Soetowo Baturaja paling tinggi untuk setoran sampah ke bank sampah yaitu dua juta lebih yang sudah terkumpul," jelasnya.

Dia berharap, pencapaian tersebut agar dapat dicontoh seluruh perangkat daerah di pemerintahan setempat guna menjadikan Kabupaten OKU menjadi kawasan yang bersih dari sampah.

Menurutnya, sampah sudah jadi masalah di dunia yang dapat merusak pemandangan hingga bisa menjadi sumber penyakit disebabkan dari tumpukan barang bekas seperti perkembangbiakan nyamuk demam berdarah dan lainnya.

Keberadaan bank sampah ini, lanjut dia, merupakan salah satu cara untuk mengurangi volume sampah sekaligus juga bisa bernilai materi dijadikan rupiah.

"Akan lebih baik lagi jika ada timbangan untuk mobil sampah agar bisa diketahui berapa banyak sampah yang diangkut setiap harinya," ujarnya.