Indonesia evaluasi hasil uji coba Asian games

id Gatot S. Dewa Broto,asian games,berita palembang,berita sumsel,anatara sumsel,Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga,hasil pertandingan uji coba,p

Indonesia evaluasi hasil uji coba Asian games

Gatot S Dewa Broto. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Jakarta (ANTARA News Sumsel) - Indonesia akan menggelar evaluasi penyelenggaraan Kejuaraan Uji Coba Asian Games yang berlangsung di Jakarta pada 8-15 Februari pada rapat di Kantor Istana Wakil Presiden RI di Jakarta, Senin (19/2).

"Semua pemangku kepentingan dalam Asian Games akan hadir dan mengevaluasi sesuai dengan tugas masing-masing bagian sesuai dengan Keputusan Presiden RI terkait Asian Games," kata Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga Gatot S. Dewa Broto di Jakarta, Jumat.

Gatot mengatakan rapat yang akan dipimpin oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla itu akan dihadiri oleh Menteri Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Menteri Pemuda dan Olahraga, dan Panitia Penyelenggara Asian Games (INASGOC), Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan, Kepada Badan Ekonomi Kreatif, serta Kepala Daerah di Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, Sumatera Selatan, serta Banten.

"Kami tidak ingin menunggu terlalu lama untuk mengevaluasi sesuai dengan tugas masing-masing seperti KemenPUPERA terkait infrastruktur, Kemenpora terkait prestasi, dan INASGOC untuk penyelenggaraan," ujar Gatot.

Gatot menjelaskan kekurangan dalam penyelenggaraan kejuaraan uji coba Asian Games seperti sistem organisasi penyelenggaraan, transportasi, promosi, dan arena pertandingan memang sudah diduga akan muncul dalam uji coba itu.

"Kegiatan itu menjadi semacam mini Asian Games dan segala kekurangan akan menjadi catatan bagi kami," kata Gatot.

Sebanyak 17 negara mengikuti kejuaraan uji coba Asian Games yang menggelar pertandingan delapan cabang olahraga yaitu Angkat Besi, Atletik, Bola Basket, Bola Voli, Panahan, Pencak Silat, Taekwondo, dan Tinju.

Penyelenggaraan uji coba itu berlangsung di tiga area lokasi di Jakarta yaitu Kompleks Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta International Expo Kemayoran, dan Padepokan Pencak Silat, Taman Mini Indonesia Indah.

Menpora Imam Nahrawi mengatakan perjuangan bagi atlet-atlet Indonesia akan menanti kita dalam pertandingan Asian Games pada Agustus 2018.

"Saya meminta semua atlet yang turun dalam uji coba dapat belajar dan memperbaiki kekurangan. Uji coba itu setidaknya memberikan pelajaran penting soal motivasi bertanding dan membangun mental sebagai pemenang," ujar Menpora.
(T.I026/I. Sulistyo)