Sensus penduduk 2020 hadapi isu privasi, kata BPS

id sensus penduduk,berita palembang,M. Sairi Hasbullah,Badan Pusat Statistik,berita sumsle,berita sumsel,bps,privasi warga,tidak bisa sensus

Sensus penduduk 2020 hadapi isu privasi, kata BPS

BPS (ANTARA)

Jakarta (ANTARA News Sumsel) - Deputi Bidang Statistik Sosial Badan Pusat Statistik M. Sairi Hasbullah mengatakan pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 akan menghadapi sejumlah tantangan dari segi perubahan sosial, salah satunya menyangkut isu privasi.

"Semua orang wajib untuk menjawab pertanyaan petugas statistik. Ada ancaman sebetulnya, tetapi kami tidak akan mengedepankan ini. Namun kalau sudah sangat terpaksa, tentu akan digunakan aturan hukum yang berlaku," kata Sairi dalam acara persiapan Sensus Penduduk 2020 di Gedung BPS, Jakarta, Rabu.

Ia menyebutkan bahwa Indonesia saat ini tengah memasuki transisi demografi tahap ketiga yang ditunjukkan dengan pola hidup masyarakat yang semakin individualis.

Isu privasi yang semakin dominan akibat perubahan sosial tersebut memengaruhi keberadaan waktu luang dan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap petugas sensus.

Sairi menilai peningkatan jumlah tempat tinggal dan hunian yang eksklusif, misalnya apartemen atau perumahan mewah, akan mempersulit petugas sensus menjalankan metodologi tatap muka langsung (canvassing).

"Kondisi semacam ini tidak seperti tahun 1970an atau 1980an, di mana masyarakat pada saat itu begitu akomodatif menyambut kehadiran petugas sensus," kata dia.

Untuk mengatasi tantangan tersebut, BPS untuk tahap awal akan melakukan sosialisasi yang insentif dan merancang konsep kampanye sensus.

Sensus penduduk bagi masyarakat yang bertempat tinggal di hunian yang eksklusif akan memanfaatkan bantuan komputer (computer-assisted).

"Bahkan ada di antaranya nanti masyarakat sendiri yang mengisi, namun tentu ini masih terbatas," ucap Sairi.

BPS tengah bersiap menyelenggarakan Sensus Penduduk 2020 untuk mengumpulkan data utama parameter demografi menyangkut fertilitas, mortalitas, dan migrasi dalam kerangka Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs).


Sensus Penduduk 2020 akan menjadi sensus kependudukan ketujuh yang diselenggarakan oleh BPS setelah 1961, 1971, 1980, 1990, 2000, dan 2010.
(T.R031/B.S. Hadi)