EPOA siap bantu Indonesia lawan diskriminasi minyak sawit

id sawit,kelapa sawit,minyak sawit,cpo, epoa,diskriminasi sawit,asosiasi sawit

EPOA siap bantu Indonesia lawan diskriminasi minyak sawit

Presiden Joko Widodo (ketiga kiri) menanam tumpang sari bersama para petani saat penanaman perdana program peremajaan kebun kelapa sawit di Desa Panca Tunggal, Kabupaten Musi banyuasin, Sumsel (ANTARA News Sumsel/Nova Wahyudi/17)

....Kami berkomitmen untuk mencapai 100 persen sawit yang masuk ke Uni Eropa adalah sawit yang berkelanjutan....
Jakarta (ANTARA News Sumsel) -  Aliansi asosiasi industri Eropa yang tergabung dalam European Palm Oil Alliance (EPOA) siap membantu industri  minyak sawit Indonesia dalam melawan diskriminasi terhadap produk unggulan nasional tersebut.

"Kami adalah kawan Anda di Eropa. Kawan yang sesungguhnya adalah kawan yang saling membutuhkan," kata Ketua EPOA Frans Claassen dalam pertemuan dengan para pemangku kepentingan sektor kelapa sawit Indonesia di Jakarta, Selasa.

EPOA, tambahnya,  hadir bukan untuk mempromosikan kelapa sawit Indonesia maupun Malaysia di Uni Eropa. Tetapi, untuk menunjukkan fakta yang sesungguhnya tentang kelapa sawit, baik terkait dengan manfaat minyak sawit maupun terkait isu-isu  keberlanjutan.

Frans menyatakan Indonesia tidak bisa bekerja sendiri melawan Uni Eropa,  sebab ada 28 negara anggota UE yang berbicara dalam berbagai bahasa dan setiap negara harus didekati dengan cara berbeda.   

Hadir dalam pertemuan tersebut, antara lain Ketua Komisi ISPO Aziz Hidayat, Ketua Asosiasi Produsen Biodiesel Indonesia (Aprobi) Paulus Tjakrawan, Direktur Eksekutif Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) Danang Girindrawardana, Bendahara Gapki Kanya Lakshmi Sidarta, Juru Bicara Gapki Tofan Mahdi, dan Sekjen Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Asmar Arsjad.

Dia mengatakan sektor kelapa sawit Indonesia sudah berkelanjutan dan mendukung pencapaian tujuh kriteria SDGs (Tujuan Pembangunan Berkelanjutan) antara lain pengentasan kemiskinan, pengembangan ekonomi wilayah, serta kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

"Kami berkomitmen untuk mencapai 100 persen sawit yang masuk ke Uni Eropa adalah sawit yang berkelanjutan," ujarnya.

Frans mengatakan masih banyak miskonsepsi tentang kelapa sawit di Eropa yang dibuktikan dengan masih banyak kebijakan yang diskriminatif, termasuk implementasi "food labeling".

"Kami ingin memberikan pandangan yang seimbang dan objektif tentang kelapa sawit. Kami juga memfasilitasi dan mendukung aliansi industri nasional pada komitmen minyak sawit berkelanjutan di Eropa," katanya.

Namun, industri di Uni Eropa bisa menerima ISPO sebagai standar keberlanjutan atau tidak.

"Diterima atau tidak adalah urusan pasar di Eropa, kami hanya mempromosikan standar keberlanjutan," katanya.

EPOA menolak diskriminasi dan penolakan terhadap minyak sawit oleh Parlemen Uni Eropa,  karena, pada kenyataannya produk minyak sawit yang masuk Eropa 69 persen produk minyak sawit berkelanjutan.

Tren penggunaan minyak sawit di Uni Eropa terus meningkat seiring dengan peningkatan produksi minyak sawit berkelanjutan dari Indonesia dan Malaysia.

Frans mengatakan sebagai lembaga independen, EPOA juga melakukan komunikasi dengan sejumlah lembaga swadaya masyarakat di Eropa yang selama ini kritis terhadap industri kelapa sawit.

Ketua Komisi ISPO Aziz Hidayat mengatakan keberadaan EPOA membantu kampanye positif minyak sawit Indonesia di Eropa.

Terkait dengan perkembangan sertifikasi ISPO, EPOA juga memberikan informasi yang objektif tentang kriteria-kriteria di dalam ISPO.

"Kami senang karena EPOA adalah mitra yang tepat untuk menjelaskan fakta objektif tentang perkembangan isu keberlanjutan minyak sawit di Indonesia dalam rangka memenuhi Amsterdam Declaration 'fully implemented' pada 2020," katanya.