Media massa Indonesia paling banyak di dunia, kata Yosep Adi

id Yosep Adi Prasetyo,media massa,Ketua Dewan Pers,HPN 2018,media massa di Indonesia,pengetahuan jurnalistik,wartawan,pers

Media massa Indonesia paling banyak di dunia, kata Yosep Adi

Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prasetyo. (ANTARA News/Try Reza Essra)

Padang (ANTARA News Sumsel) - Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prasetyo mengklaim jumlah media massa di Indonesia adalah yang terbanyak di dunia, sekitar 47.000 terbagi media cetak, radio, televisi dan berbasis daring.

"Dari jumlah itu 2.000 adalah media cetak, 674 radio, 523 televisi termasuk lokal, dan lebihnya media daring," kata dia saat puncak HPN 2018 di Padang, Jumat.

Namun dari jumlah media itu, menurutnya masih banyak yang asal saja, tidak memenuhi syarat sebagai media tetapi tetap bisa eksis karena dibantu APBD.

Selain itu wartawannya juga tidak semua yang memiliki kompetensi karena tidak memiliki pengetahuan jurnalistik, tidak pula pernah mengikuti pelatihan jurnalistik.

Ia merinci hingga saat ini baru terdaftar sekitar 14 ribu orang wartawan yang memiliki kompetensi.

Ia mengimbau kebebasan pers yang dinikmati saat ini jangan dijadikan kesempatan untuk membuat berita bohong atau hoaks. Diantaranya dengan meningkatkan kemampuan wartawan dan verifikasi media massa.

Dewan pers, menurutnya berkomitmen untuk melaksanakan hal tersebut secara bertahap.

Selain itu, ia juga mengingatkan dalam tahun politik, media massa tetap bisa menjaga objektivitas dan netralitas, tidak terjebak dalam kepentingan politik.

Menurutnya Pilkada 2018 dan Pemilu 2019 merupakan batu ujian untuk netralitas media massa.

Hari puncak HPN 2018 digelar di Muaro Lasak Pantai Padang dihadiri sejumlah gubernur, menteri, duta besar dan ribuan wartawan.
(T.KR-MKO/H. Agusta)