Dewan Pers menilai wartawan terbelenggu tekanan pemilik media

id Yosep Adi Prasetyo,Dewan Pers,wartawan,jurnalis,tekanan pimpinan media,pekerjaan pers,pers,berita palembang,berita sumsel

Dewan Pers menilai wartawan terbelenggu tekanan pemilik media

Yosep Adi Prasetyo (Ist)

Padang (ANTARA News Sumsel) - Kebebasan wartawan dalam mengekspresikan profesionalisme pers terkadang menghadapi tekanan justeru dari pemilik media yang terafiliasi dengan kepentingan politik.

Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prasetyo di Padang, Kamis, mengatakan tantangan kerja profesi kewartawanan dewasa ini semakin kompleks.

"Tidak ada pilihan bagi seorang wartawan untuk mempertahankan eksistensi diri kecuali memiliki profesionalisme yang mumpuni," kata Yosep pada forum Konvensi Media Nasional  serangkaian Hari Pers Nasional (HPN) di Padang 2018.

Selain menghadapi tekanan dari pemilik media yang terafiliasi dengan kepentingan politik, juga profesi kewartawanan dihadapkan dengan percepatan pertumbuhan media.

"Diperkirakan jumlah media cetak, televisi, radio dan daring saat ini sudah menyentuh angka 47 ribu. Pertumbuhan media yang subur berimplikasi pada saling tekan antarmedia," katanya.

Dewan Pers berharap para pemimpin media agar dalam merekrut wartawan benar-benar menerapkan standar mutu yang baik sehingga dalam menjalankan tugas kewartawanan memenuhi harapan publik untuk mencerdaskan bangsa.

"Intelektual wartawan yang baik menjadi jaminan menghasilkan karya-karya jurnalistik yang mengandung nilai-nilai kejujuran," kata Yosep.
(T.S032/R. Chaidir)