Sumsel upayakan perairan umum bermanfaat secara ekonomi

id wagub, wagub sumsel, ishak mekki, perairan umum,perairan bermafaat ekonomi, fungsi perairan,ekonomi perairan, sungai musi,pembinaan masyarakat

Sumsel upayakan perairan umum bermanfaat secara ekonomi

Wagub Sumsel Ishak Mekki. (ANTARA News Sumsel/Humas DPRD Sumsel)

Palembang  (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan terus mengupayakan perairan umum yang tersedia cukup luas tersebar di 17 kabupaten dan kota bermanfaat secara ekonomi bagi masyarakat.

Untuk memberikan manfaat secara ekonomi, pihaknya berupaya melakukan pembinaan kepada masyarakat terutama yang berada di daerah yang memiliki banyak perairan umum, kata Wakil Gubernur Sumatera Selatan, Ishak Mekki di Palembang, Selasa.

Selain melakukan pembinaan kepada masyarakat, pihaknya juga berupaya menjaga perairan umum di daerah ini tetap berfungsi dengan baik dan menjadi tempat hidup aneka jenis ikan, hewan, dan tumbuhan air tawar lainnya.

Untuk menjaga sungai, danau, waduk, dan rawa yang ada di sekitar kawasan permukiman penduduk agar tetap berfungsi baik, secara bertahap dilakukan rehabilitasi lingkungan perairan umum tersebut.

"Perairan umum di provinsi ini perlu dijaga kelestariannya, sehingga dapat berfungsi dengan baik serta bermanfaat secara ekonomi bagi masyarakat," ujarnya.

Menurut dia, salah satu upaya untuk merehabilitasi lingkungan perairan umum, pihaknya akan menggalakkan kegiatan penebaran benih ikan atau "restocking" yang telah berjalan dengan baik dalam beberapa tahun terakhir.

Penebaran benih ikan di sejumlah tempat di Kota Palembang dan beberapa daerah Sumsel lainnya, ke depan akan digalakkan lagi dengan jenis ikan yang lebih bervariasi dan disesuaikan dengan kondisi lingkungan masing-masing daerah.

Melalui upaya tersebut, diharapkan perairan umum dapat terpelihara dengan baik dan menghasilkan ikan yang banyak, serta dapat dimanfaatkan masyarakat sebagai sumber penghasilan bagi keluarga yang dapat diandalkan, kata Wagub.