Ratusan warga binaan Baturaja tes darah antisipasi HIV

id tes darah,cek darah,cegah hiv/aids,berita palembang,kesehatan napi,tes kesehatan

Ratusan warga binaan Baturaja tes darah antisipasi HIV

Arsip- Tes darah (ANTARA Sumsel/AFP)

Baturaja (ANTARA News Sumsel) - Ratusan warga binaan di Rumah Tahanan Baturaja, Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, menjalani uji contoh sampel darah atau pemeriksaan "Voluntary Counseling and Testing" sebagai upaya mengantisipasi penyebaran penyakit HIV/AIDS.

"Ada sekitar 414 orang warga binaan hari ini dilakukan uji sampel darah," kata Kepala Rumah Tahanan (Rutan) Baturaja, Ogan Komering Ulu (OKU), Herdianto di Baturaja, Kamis.

Dia mengatakan, pemeriksaan "Voluntary Counseling and Testing" (VTC) terhadap ratusan warga binaan ini dilakukan Dinas Kesehatan Kabupaten OKU dihadiri oleh Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Andi Prapto serta konselor HIV Klinik Pelita PKM Lubuk Batang.

Dia mengemukakan, kegiatan tersebut dalam rangka mengantisipasi risiko penyebaran penyakit HIV/AIDS. Pemeriksaan dilakukan tidak hanya untuk warga binaan saja, tapi juga dilaksanakan untuk petugas di lembaga pemasyarakatan setempat.

Kegiatan ini, kata dia, dilakukan dengan cara pengambilan sampel darah masing-masing warga binaan yang dilaksanakan oleh tim medis dari Dinas Kesehatan dan Klinik Pelita PKM Lubuk Batang.

Herdianto mengatakan, scraning VTC itu merupakan program yang dilakukan secara rutin sebagai bentuk pencegahan dini terhadap penyakit menular HIV/AIDS warga binaan.

"Program ini tidak akan berhenti disini? saja tapi dilakukan? secara rutin dan berkala. Untuk hasilnya kita tunggu dari tem medis Klinik Pelita Lubuk Batang," kata dia.

Namun jika memang dari hasil uji sampel nanti ada yang positif, Herdianto menegaskan, pihaknya akan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan?untuk menangani warga binaan tersebut sehingga resiko menular penyakit tidak berdampak pada tahanan lainnya.

"Kita tunggu saja hasilnya nanti. Mudah mudahan semuanya negatif," ujar Herdianto.
(T.KR-EDO/S023)