City perbesar keunggulan menjadi 15 poin di puncak klasemen

id Manchester City,liga inggris,berita palembang,klasemen liga inggris,Manchester United,Aymeric Laporte,Chelsea,Fernandinho

City perbesar keunggulan menjadi 15 poin di puncak klasemen

Manajer Manchester City (Istimewa)

London (Antara/Reuters) - Manchester City mengencangkan genggaman mereka terhadap posisi pemuncak klasemen Liga Inggris pada Rabu berkat kemenangan 3-0 atas tim juru kunci West Bromwich Albion, ketika rival terdekatnya Manchester United takluk 0-2 di markas Tottenham Hotspur.

Tim pemuncak klasemen yang diarsiteki Pep Guardiola ini, yang rekrutan terbarunya Aymeric Laporte menikmati debut impresif, unggul 15 poin atas tetangga mereka, yang dipecundangi Spurs di Wembley setelah Christian Eriksen mencetak gol dalam waktu 11 detik.

Malam terakhir bursa transfer memberikan latar belakang menarik terhadap jadwal pertandingan tengah pekan, di mana rekrutan Chelsea pada hari terakhir bursa Olivier Giroud tidak diragukan lagi terkejut di Stamford Bridge untuk melihat sang juara bertahan kalah 0-3 dari Bournemouth.

Kemenangan beruntun ke-12 City di kandang sendiri di ajang liga, berkat gol-gol dari Fernandinho, Kevin De Bruyne, dan Sergio Aguero, membawa mereka mengoleksi 68 poin -- selevel dengan Tottenham Hotspur pada 1960/1961 sebagai rekor terbaik yang pernah dimiliki klub manapun setelah 25 pertandingan di kompetisi strata tertinggi Inggris.

Manchester United memiliki 53 poin sedangkan Chelsea turun ke peringkat keempat dengan 50 poin, jumlah poin yang sama dengan yang dimiliki tim peringkat ketiga Liverpool. Spurs naik untuk hanya tertinggal dua poin dari kedua tim itu dengan 48 poin.

City racikan Guardiola kini telah mengoleksi 100 gol di semua kompetisi musim ini ketika De Bruyne, yang memberikan assist untuk dijadikan gol oleh Fernandinho di babak pertama, mengemas gol kedua mereka.

Pemain Prancis Laporte, yang direkrut dari Athletic Bilbao dengan rekor transfer City 57 juta pound pada Selasa, menyesuaikan diri dengan baik pada pertahanan mereka.

Debutnya membuat Guardiola antusias, "Kemarin ia melakukan sesi latihan pertamanya namun hari ini kita dapat melihat betapa bagusnya dia. Ia melakukan penampilan luar biasa."

Pertandingan di Wembley, dimainkan di depan 81.978 penonton, terbukti menjadi laga yang mengecewakan bagi Jose Mourinho ketika rekrutan utamanya Alexis Sanchez gagal bersinar setelah United kemasukan gol memalukan di awal laga.

Eriksen melakukan penyelesaian bagus setelah Spurs melepaskan bola panjang dari sepak mula yang dimainkan Harry Kane dan Dele Alli.
   
   Tercepat peringkat ketiga
Dengan waktu baru menunjukkan 11 detik, ini menyamai gol tercepat peringkat ketiga yang pernah dibukukan di era "Premier Lague" setelah gol dalam rentang waktu sepuluh detik yang diukir mantan favorit Spurs Ledley King dan bintang Newcastle Alan Shearer.

Ketika Phil Jones, yang "dikerjai" Kane untuk menjadi gol pertama, memasukkan bola ke gawangnya sendiri setelah berusaha menyapunya dari umpan silang Kieran Trippier pada pertengan babak pertama, Mourinho mengeluhkan bahwa gol bunuh diri itu "secara mental membunuh kami."

"Setelah sepuluh detik, kami melakukan kesalahan memalukan," kata Mourinho kepada para pewarta. "Para pemain saya telah berkali-kali menyaksikan sepak mula Tottenham. Itu benar-benar gol yang buruk."

Antonio Conte menderita salah satu kekalahan terburuknya di Liga Inggris di Chelsea setelah tiga gol dalam rentang waktu 16 menit di babak kedua dari Callum Wilson, Junior Stanislas, dan Nathan Ake memberi kemenangan terbaik bagi Eddie Howe di strata tertinggi bersama "The Cherries."

"Kami harus menerima bahwa ini merupakan hasil yang buruk dan memahami bahwa kami harus bertarung musim ini," kata Conte kepada BBC.

Kekalahan yang diderita West Brom membuat mereka terpuruk di dasar klasemen, sedangkan Southampton juga tetap berada di posisi tiga terbawah meski mampu bangkit dari ketinggalan untuk bermain imbang 1-1 dengan sesama tim papan bawah Brighton & Hove Albion.

Brighton hanya unggul satu poin di atas zona degradasi bersama Newcastle, yang kini tidak pernah memenangi pertandingan liga dalam delapan pertandingan setelah gol bunuh diri kiper Karl Darlow pada menit ke-85 membuat Burnley bermain imbang 1-1 di St James Park.

Hasil imbang tanpa gol Stoke City dengan Watford juga membuat mereka tercecer bersama Newcastle dan Brighton, dengan hanya keunggulan empat poin dari West Brom.

Penampilan terbaik malam ini datang dari pemain baru Everton Theo Walcott, yang mencetak dua gol pertamanya sejak direkrut dari Arsenal pada kemenangan 2-1 atas Leicester City.
Penerjemah: A.R.A Adipati/B. Kuncahyo