Pemprov Sumsel dorong masyarakat tingkat konsumsi ikan

id Ishak Mekki,makan ikan,ikan,berita palembang,meningkatkan konsumsi ikan,mengonsumsi daging ayam

Pemprov Sumsel dorong masyarakat tingkat konsumsi ikan

Wakil Gubernur Sumatera Selatan Ishak Mekki (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly/15/den)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan berupaya mendorong masyarakat di 17 kabupaten dan kota meningkatkan konsumsi ikan guna mempertahankan tingkat konsumsi ikan yang cukup tinggi di provinsi setempat.

"Tingkat konsumsi ikan masyarakat di provinsi ini dalam beberapa tahun terakhir cukup tinggi mencapai 38 kilogram perkapita pertahun, kondisi yang baik ini akan terus dipertahankan bahkan ditingkatkan lagi," kata Wakil Gubernur Sumsel Ishak Mekki di Palembang, Senin.

Menurut dia, masyarakat di provinsi berpenduduk sekitar 8,6 juta jiwa itu akan terus didorong untuk gemar mengonsumsi ikan, sehingga bisa mempertahankan tingkat konsumsi ikan masyarakat yang tergolong cukup tinggi itu.

Untuk mempertahankan tingkat konsumsi ikan 38 kilogram perkapita pertahun, pihaknya berupaya menggalakkan program gemar makan ikan dan mendorong kegiatan budi daya ikan sehingga produksi ikan terus meningkat dan harganya terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat.

Produksi ikan perlu terus ditingkatkan untuk mengimbangi peningkatan konsumsi ikan masyarakat, jika sampai produksi menurun akan memengaruhi harga di pasaran dan masyarakat bisa beralih mengonsumsi daging ayam, sapi, atau makanan lainnya untuk memenuhi kebutuhan proteinnya, katanya.

Dia menjelaskan, tingkat konsumsi ikan masyarakat di provinsi ini perlu dipertahankan bahkan ditingkatkan karena ikan merupakan jenis makanan sehat yang rendah lemak jenuh, tinggi protein, kaya vitamin, mineral, dan nutrisi yang dibutuhkan agar tubuh tetap sehat, serta sumber penting asam lemak omega tiga.

Dengan mengonsumsi jenis makanan sehat itu diharapkan peningkatan indeks pembangunan manusia (IPM) daerah ini dapat terwujud sesuai harapan.

Guna memotivasi masyarakat provinsi ini terus mengonsumsi ikan lebih banyak lagi agar tingkat konsumsi ikan bisa dipertahankan bahkan lebih tinggi, pihaknya berupaya mensosialisasikan kepada masyarakat mengenai manfaat ikan bagi kesehatan.

Manfaat mengonsumsi ikan di antaranya dapat mengurangi depresi, mencegah terserang penyakit jantung, dan memenuhi kebutuhan nutrisi yang dapat mencerdaskan otak, kata Ishak.
(T.Y009/I007)