Imigrasi Palembang diminta maksimalkan pelayanan E-gov smile

id imigrasi,berita palembang,antara sumsel,e-Gove SMILE,Imigrasi Kelas I Palembang

Imigrasi Palembang diminta maksimalkan pelayanan E-gov smile

Petugas Imigrasi Kelas I Palembang melakukan apel pagi. (ANTARA Sumsel/Yudi Abdullah)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumatera Selatan Sudirman D Hury meminta jajaran Kantor Imigrasi Kelas I Palembang memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat dengan penggunaan teknologi informasi "e-Gove SMILE".

Penggunaan teknologi informasi untuk memberikan informasi dan pelayanan kepada masyarakat (e-Gov) dengan Simpatik, Mumpuni, Integritas, Lugas, dan Empati (SMILE) perlu dimaksimalkan sehingga bisa memudahkan masyarakat mengakses pelayanan keimigrasian, kata Kakanwil Kemenhukham Sumsel pada acara peringatan ke-68 Hari Bhakti Imigrasi, di Palembang, Jumat.

Menurut dia, petugas Imigrasi terutama yang melakukan pelayanan publik seperti pembuatan paspor, diminta untuk memahami  tugas pelayanan yang menjadi tanggung jawab yang diamanatkan negara. 

"Apa yang bisa kita perbuat untuk masyarakat lakukanlah dengan baik dan profesional, jangan berpikir apa yang kita dapat dari masyarakat," ujarnya.

Dia menjelaskan, petugas Imigrasi diharapkan introspeksi diri untuk menilai apakah selama ini telah melakukan pekerjaan yang menjadi tanggung jawab masing-masing dengan baik atau belum.

Dengan introspeksi diri, memahami tugas pelayanan publik dan pemanfaatan teknologi informasi, diharapkan jajaran Imigrasi di Kota Palembang yang akan menjadi tuan rumah Asian Games pada Agustus 2018 bisa melakukan pekerjaan terkait pelayanan keimigrasian lebih baik lagi dan terbebas dari penyimpangan yang dapat merusak nama baik institusi, kata Sudirman.

Sementara Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Palembang, Budiono Setiawan menjelaskan bahwa melalui momentum Hari Bhakti Imigrasi tahun ini, pihaknya berupaya meningkatkan pelayanan pasti satu hari seluruh rangkaian proses pemberkasan pembuatan paspor dan dokumen keimigrasian lainnya.

Untuk meningkatkan pelayanan keimigrasian seperti pembuatan paspor dan pelaporan orang asing, pihaknya berupaya menerapkan sistem imigrasi e-Gov Pasti Smile dengan maksimal.

Sistem tersebut merupakan pengembangan dan penyempurnaan pelayanan keimigrasian secara daring/online yang telah berjalan dengan baik selama ini.

Jajaran Imigrasi Palembang terus berupaya memperbaiki pelayanan keimigrasian, sehingga masyarakat dapat lebih mudah dan cepat dalam melakukan pengurusan dokumen keimigrasian seperti pembuatan paspor baik untuk perjalanan wisata ke luar negeri maupun ibadah, ujar Budiono.
(T.Y009/I. Gultom)