Musi Banyuasin siapkan TRC antisipasi bencana banjir

id tim reaksi cepat,banjir, tanah longsor,trc,berita palembang,musi banyuasin,antisipasi bencana alam

Musi Banyuasin siapkan TRC antisipasi bencana banjir

ilustrasi- Longsor (ANTARA News / Insan Faizin Mubarak)

Musi Banyuasin (ANTARANews Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan menyiapkan tim reaksi cepat untuk mengantisipasi terjadi bencana banjir dan tanah longsor pada musim hujan sekarang ini.

"Badan Penanggulangan Bencana Daerah diinstruksikan menyiapkan Tim Reaksi Cepat (TRC) yang sewaktu-waktu dengan cepat siap ditugaskan membantu masyarakat jika terjadi bencana dampak musim hujan itu," kata Sekda Musi Banyuasin Apriyadi, di Sekayu, Kabupaten Banyuasin, Kamis.

Menurut dia, tim reaksi cepat tersebut sewaktu-waktu ditugaskan turun ke kawasan permukiman penduduk atau ke lokasi bencana banjir dan tanah longsor melakukan peyelamatan dan evakuasi para korban bencana.

Dengan hadirnya TRC di tengah-tengah masyarakat yang sedang mengalami bencana, diharapkan dapat meringankan beban penderitaan masyarakat serta mencegah timbulnya korban jiwa akibat terlambat dievakuasi, katanya

Dia menjelaskan, tingginya intensitas curah hujan saat ini perlu diwaspadai oleh masyarakat di kabupaten yang tergolong rawan dilanda bencana banjir.

"Masyarakat yang berada di daerah rawan banjir seperti Kecamatan Babat Supat, Tungkal Jaya, Sungai Lilin, dan Kecamatan Batang Hari Leko diimbau agar selalu waspada," ujarnya.

Menghadapi situasi tersebut, tim TRC BPBD diminta terus melakukan pengawasan kemungkinan terjadi peningkatan permukaan air di beberapa pintu air sehingga bisa diketahui perkembangannya sebagai acuan untuk menentukan langkah-langkah penanggulangannya, kata Apriyadi.
(T.Y009/I016)