Pemilih pemula di Sumsel 462.694

id pemilu,pemilihan,tps,pemilih baru,julah pemilih baru,pilkada palembang,pilkada sumsel,berita palembang,kpu sumsel,Heny Susantih

Pemilih pemula di Sumsel 462.694

Heny Susantih. (ANTARA Sumsel/Susilawati/Ang/17)

Palembang (ANTARANews Sumsel) - Jumlah pemilih pemula di Sumatera Selatan berdasarkan daftar penduduk potensial pemilih pemilu (DP4) tercatat sebanyak 462.694 pemilih yang tersebar di kabupaten dan kota di provinsi tersebut.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Selatan, Heny Susantih di Palembang, Selasa, mengatakan berdasarkan daftar penduduk potensial pemilih pemilu (DP4) yang diterima dari Kementerian Dalam Negeri, jumlah pemilih pemula sebanyak 462.694 pemilih terdiri atas laki-laki sebanyak 236.918 pemilih dan perempuan 225.776 pemilih.

Menurut dia, jumlah pemilih pemula tersebut nantinya bisa saja bertambah dan berkurang setelah dilakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih.

Ia menyatakan berdasarkan DP4 yang diterima KPU sebanyak 5.885.836 pemilih di Sumsel dan jumlah itulah yang dilakukan coklit oleh petugas panitia pemutakhiran data pemilih (PPDP).

Lebih lanjut ia menuturkan, data tersebut bisa bertambah dan berkurang jumlahnya, karena ada yang meninggal, kemudian yang pensiunan TNI/Polri dan data-data pemilih yang belum memiliki KTP elektronik.

Bagi mereka yang tidak memiliki KTP elektronik akan diberi formulir khusus AC KWK dan nantinya formulir tersebut akan diserahkan ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil).

Untuk pencocokan dan penelitian data pemilih dilaksanakan mulai 20 Januari 2018 sampai dengan 18 Februari 2018.

Sebelumnya Wakil Gubernur Sumatera Selatan, Ishak Mekki juga menyampaikan kalau dirinya sudah didata oleh petugas PPDP untuk pencocokan dan penelitian data pemilih.

"Kita memang pemilih di Kota Palembang, jadi termasuk bagian yang didata pada hari Minggu (21/1)," katanya.

Pilkada serentak 2018 akan berlangsung di sembilan kabupaten dan kota di Sumsel ditambah Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan.*
(T.KR-SUSA039)