Sumsel galakkan program sejuta mandiri

id program sejuta mandiri, bappeda sumsel, kemiskinan, penurunan angka kemiskinan

Ekowati Retnaningsih (Antaranews Sumsel.com/Ist)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan pada 2018  menggalakkan Program Sejuta Mandiri untuk menurunkan angka kemiskinan di 17 kabupaten dan kota dalam provinsi setempat.

"Berdasarkan data angka kemiskinan terendah terdapat di Kota Pagaralam sekitar 8,89 persen sedangkan tertinggi di Kabupaten Musirawas Utara mencapai 19,49 persen," kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Sumatera Selatan  Ekowati Retnoningsih di Palembang, Senin.

Menurut dia, melalui program penanggulangan kemiskinan dengan menggunakan basis data terpadu tersebut, diharapkan bisa mempercepat pengentasan kemiskinan.

Kemudian bisa memaksimalkan ekonomi rumah tangga termasuk juga bidang pertanian dan pendekatan pembangunan yang ramah lingkungan, katanya.

Dia menjelaskan, Program Sejuta Mandiri menjadi prioritas karena di setiap kabupaten dan kota masih banyak terdapat penduduk dengan tingkat kesejahteraan rendah.

"Pemprov Sumsel tetap menjadikan program pengentasan ataupun penanggulangan kemiskinan sebagai program utama yang diupayakan berjalan secara maksimal," ujarnya.

Untuk menjalankan program tersebut, diharapkan mendapat dukungan dari masyarakat dan semua pihak karena tidak mungkin bisa menanggulangi kemiskinan dengan baik dan cepat tanpa kerja sama.

Dengan kerja sama antara instansi pemerintah daerah, masyarakat dan semua pihak terkait, angka kemiskinan di provinsi berpenduduk sekitar 8,6 juta jiwa itu dapat diminimalkan sesuai dengan target yang diharapkan yang pada akhirnya semuanya bisa sejahtera, kata dia pula.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar