Tunggal putra Indonesia terhenti Malaysia Masters

id BWF,Malaysia Masters,tunggal putra indonesia,berita palembang,badminton indonesia,Jonatan

Tunggal putra Indonesia terhenti Malaysia Masters

Jonatan Christie (ANTARA/Widodo S. Jusuf)

Jakarta (Antaranews Sumsel) - Dua tunggal putra Indonesia terpaksa terhenti langkahnya di putaran perempat final kejuaraan bulu tangkis Malaysia Masters 2018.

Laman resmi Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) yang dipantau di Jakarta, Jumat, mencatat dua atlet tunggal putra yang tersisa di perempat final yakni Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting dikalahkan lawannya wakil-wakil Denmark.

Jonatan ditumbangkan Viktor Axelsen yang berstatus unggulan pertama sekaligus peringkat satu dunia. Sedangkan Ginting, dikandaskan sesama pemain nonunggulan Hans Kristian Solberg Vittinghus.

Walau mendominasi sepanjang laga berlangsung sejak gim pertama hingga gim kedua, Vittinghus harus mengalahkan Ginting setelah berjuang selama 45 menit dan menyudahi laga dengan skor 19-21, 16-21.

Sementara Jonatan, baru bisa dikalahkan oleh tunggal putra terbaik dunia, setelah melalui laga tiga gim selama 66 menit yang cukup melelahkan.

Dalam pertarungan tersebut, Jonatan sebenarnya sempat memimpin jalannya laga di awal gim pertama 7-4. Namun Axelsen mampu mengejar dan membalikan kedudukan bahkan hingga delapan angka 19-11.

Berbagai usaha yang dilakukan oleh Jonatan untuk bisa memperkecil ketertinggalan. Akan tetapi usahanya tersebut belum cukup menghentikan wakil Denmark memenangkan gim pembuka 21-15.

Di gim kedua, Jonatan tak mau mengulangi kesalahan yang sama, dia sekuat tenaga dan terus-menerus menjaga keunggulan sejak awal laga walau dengan jarak yang tipis.

Walau tercatat Axelsen beberapa kali memimpin 12-9, 17-15 dan 18-17, usaha Jonatan akhirnya membuahkan hasil dan berhasil menutup gim kedua dengan kemenangan tipis 21-19 untuk memaksakan pemenang ditentukan lewat gim pamungkas.

Sayagnya, kegemilangan perjuangan Jonatan di gim kedua, tidak berlanjut ke gim pamungkas. Terus tertinggal sejak awal laga, Jonatan hanya mampu memperkecil ketertinggalan hingga tiga angka 9-12 dan 11-14.

Akan tetapi usaha Jonatan terhenti ketika harus tertinggal kembali empat angka 12-16, dia terus tertinggal dan tidak bisa menghentikan Axelsen memperoleh tiket semifinalnya dengan mengunci kemenangan cukup telak 21-12.

Dengan hasil ini, berakhir sudah perjalanan tunggal putra Indonesia dalam turnamen level 4 (Super 500) tersebut.

Indonesia sendiri dipastikan hanya diwakili oleh dua wakilnya dari dua nomor ganda untuk bertarung di turnamen berhadiah total 350 ribu dolar AS tersebut. Dua wakil tersebut adalah pasangan ganda putra, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, dan ganda campuran Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja.
(T.R030/B/K. Dewanto