Prancis tertarik kembangkan restorasi gambut Sumsel

id gambut,lahan gambut,berita sumsel,berita palembang,antarasumsel,restorasi lahan gambut,Nazir Foead,Alex Noerdin,gubernur sumsel

Kebun Plasma Nutfah dan Demonstrasi Plot Restorasi Hutan Rawa Gambut Bekas Kebakaran di Desa sepucuk, Ogan Komering Ilir (OKI), Sumsel. (ANTARA Sumsel/Nova Wahyudi/dol/17)

Palembang (Antaranews Sumsel) - Prancis tertarik untuk mengembangkan restorasi lahan gambut di Sumatera Selatan karena potensinya cukup besar sehingga negara tersebut telah mengutus kedutaannya untuk Indonesia melakukan kunjungan ke daerah ini.

Kepala Badan Restorasi Gambut Nazir Foead usai menghadap Gubernur Sumsel Alex Noerdin di Palembang, Kamis mengatakan pihaknya bersama tim Kedutaan Prancis telah mengunjungi daerah restorasi di Desa Sepucuk Kabupaten Ogan Komering Ilir.

Hal itu sebagai bentuk keseriusan Prancis dalam melaksanakan restorasi gambut, ujar dia.

Dia mengatakan lahan gambut harus dimanfaatkan semaksimal mungkin dengan menanam kembali tananam bermanfaat untuk pertumbuhan ekonomi, termasuk untuk menghsilkan bioenergi.

Bahkan, katanya, lahan gambut bisa dijadikan tempat untuk memelihara berbagai jenis ikan. Lahan gambut akan dimanfaatkan untuk pertumbuhan ekonomi hijau.

Menurut dia, khusus untuk desa di Sepucuk itu akan dijadikan percontohan restorasi. Pihaknya juga akan mengembangkan restorasi di Kabupaten Musi Banyuasin, Sumsel.

Gubernur Sumsel H Alex Noerdin mengatakan, restorasi cukup penting supaya lahan gambut semakin bermanfaat untuk perekonomian masyarakat.

Selain di Kabupaten Ogan Komering Ilir, katanya, Musi Banyuasin juga akan direstorasi karena lahan gambutnya luas.

Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar